Hari Pertama Pendaftaran Calon Perseorangan, Izwaryani: Satu Mengonfirmasi, Lainnya Tak Berkabar

AI Mangindo Kayo | Minggu, 16-02-2020 | 19:56 WIB | 386 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Hari Pertama Pendaftaran Calon Perseorangan, Izwaryani: Satu Mengonfirmasi, Lainnya Tak Berkabar<p>Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani. (istimewa)

VALORAnews - Belum satupun pasangan calon dari jalur perseorangan, menyerahkan berkas dukungan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar dari jalur perseorangan di pemilihan serentak 2020, pada hari pertama masa pendaftaran yang ditutup pukul 16.00 WIB, Ahad (16/2/2020).

"Dari dua pasangan calon yang telah diberikan password untuk bisa mengakses sistem informasi pencalonan (Silon) KPU, baru pasangan calon Fakhrizal dan Genius Umar yang tuntas memasukan dukungannya," ungkap Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani melalui sambungan telepon, Ahad malam.

Catatan KPU Sumbar, terdapat dua pasangan calon yang telah mendaftarkan personelnya sebagai petugas sistem informasi pencalonan (Silon) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasangan calon pertama, Fakhrizal dan Genius Umar. Yang kedua, pasangan calon Syamsu Djalal-Aldi Taher.


Calon perseorangan yang akan maju pada Pilgub Sumbar 2020 harus memiliki minimal 316.051 surat dukungan pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 lalu. Dukungan tersebut harus tersebar di 10 dari 19 kabupaten dan kota (50% plus 1-red) yang ada di Sumbar.

Surat dukungan yang diserahkan harus ditandatangani pemberi dukungan dengan disertai fotocopy KTP yang ditempelkan pada surat dukungan.

Menurut Izwaryani, dukungan masyarakat untuk pasangan calon Syamsu Djalal dan Aldi Taher masih belum satupun tampak diunggah ke Silon KPU. Sedangkan pasangan calon Fakhrizal-Genius Umar, telah mengunggah 336.657 lembar dukungan ke Silon KPU.

"Semoga kedua tim pasangan itu bisa mengunggah seluruh dukungan yang telah dikumpulkan, sesuai batas akhir tenggat waktu pendaftaran, 20 Februari 2020 ini," harap Izwaryani.

Pantauan di KPU Sumbar, Jl Pramuka Raya Padang, pada hari pertama ini, masih belum ada yang datang mendaftar. "Petugas Liaison Officer-nya (LO) yang sudah mengonfirmasi akan menyerahkan dukungan yakni pasangan Fakhrizal-Genius Umar pada 19 Februari 2020. Pasangan lain, tak berkabar apapun," ungkap Izwaryani.

Libatkan 5 KPU Daerah dan Mahasiswa

Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Aan Wuryanto mengatakan, telah menyiapkan 100 orang personil untuk menerima dan memeriksa berkas dukungan berupa foto copy KTP elektronik yang diserahkan bakal calon perseorangan.

Mereka terdiri dari mahasiswa/i dan staf di lima KPU kota yakni Padang, Pariaman, Padangpanjang, Solok dan Sawahlunto. Kelima daerah ini tidak menggelar pemilihan kepala daerah pada 2020 ini.

Ditegaskan Aan, kesiapan KPU sudah 100 persen baik secara personil maupun teknis. Untuk memastikan kesiapan penerimaan dukungan ini, terang dia, prosesnya juga sudah disimulasikan.

"Simulasi ini juga melibatkan LO pasangan calon perseorangan. Sebelumnya, mereka juga kita bekali dalam sebuah kegiatan bimbingan teknis," terang Aan. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya