Bank Indonesia Gelar Pekan QRIS, Ini Targetnya

AI Mangindo Kayo | Senin, 09-03-2020 | 19:20 WIB | 282 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Bank Indonesia Gelar Pekan QRIS, Ini Targetnya<p>Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa bersama Kepala Divisi Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Sumbar, Iman Suriansyah Nurdin, meresmikan Pekan QRIS di Aula Anggun Nan Tongga Gedung BI Sumbar, Senin (9/3/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Bank Indonesia (BI) wilayah Sumatera Barat menggelar pekan Quick Respon Indonesian Standard (QRIS), Senin (9/3/2020). Kegiatan ini untuk lebih menggencarkan dan memasyarakatkan sistem pembayaran non tunai di Sumbar.

"QRIS merupakan sarana pembayaran melalui aplikasi uang elektronik, yang dapat digunakan untuk semua transaksi berbasis aplikasi pembayaran digital," ungkap Kepala Divisi Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Sumbar, Iman Suriansyah Nurdin.

Dikatakan, saat ini terdapat 1.100 pelaku usaha di Sumbar yang sudah menggunkan QRIS.


"Peluncuran Pekan QRIS yang dilakukan dari tanggal 9 hingga 14 Maret ini dilakukan serentak di 44 Kantor Perwakilan BI di Indonesia," ungkapnya.

"Tujuan pelaksanaan pekan QRIS adalah guna memperluas dan meningkatkan penggunaan QRIS hingga mampu menyentuh semua sektor dan lapisan masyarakat,' tambah Iman.

Menurut Iman, QRIS merupakan respon BI terhadap perubahan perilaku masyarakat dari konvensional ke dunia digital.

Dalam pekan QRIS, BI akan memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat, merchant dan ke kampus-kampus tentang apa itu QRIS, bagaimana cara mendapatkan dan menggunakannya.

"Saat ini ada sekitar 2.700 merchant yang akan di QRIS kan, target kita adalah membuat sebanyak-banyaknya merchant yang menggunakan QRIS, karena sejak 1 Januari 2020, QRIS sudah menjadi standar pembayaran wajib," tambah Iman. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya