Antrian Penggunaan QRIS Bisa Seminggu, Wahyu: Peminat Non Tunai Makin Berjubel

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 14-03-2020 | 15:14 WIB | 123 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Antrian Penggunaan QRIS Bisa Seminggu, Wahyu: Peminat Non Tunai Makin Berjubel<p>Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama bersama Irwan Prayitno (gubernur Sumbar) dan jajaran, foto bersama usai peresmian bazar pada puncak Pekan Quick Respon code Indonesian Standard (QRIS) yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Barat, di salah satu pusat perbelanjaan, Sabtu (14/3/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Puluhan booth UMKM, ikut meramaikan puncak Pekan Quick Respon code Indonesian Standard (QRIS) yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Barat, di salah satu pusat perbelanjaan, Sabtu (14/3/2020).

Berbagai produk UMKM, mulai dari aneka kuliner hingga produk kerajinan dapat ditemui di booth yang ada.

Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama mengatakan, penggunaan QRIS memang menyasar pada pelaku UMKM.


"QRIS memang untuk transaksi retail, dengan saldo maksimal Rp2 juta. Saat ini sudah ada lebih dari 2.000 merchant yang menggunakan QRIS dan ada ratusan yang antri untuk mendaftar," ujar Wahyu.

Banyaknya manfaat QRIS sebagai alat transaksi non tunai, membuat pelaku usaha mendaftar untuk mendapatkan QRIS.

Menurut Wahyu, saat ini 70% masyarakat sudah menggunkan telepon pintar, dengan QRIS berbagai transaksi dapat dilakukan hanya dengan memindai kode (scanning) melalui telepon.

"Karena banyaknya yang ingin mendapatkan QRIS, membuat proses antrian menjadi lama. Kalau biasanya maksimal dua hari sekarang bisa mencapai satu minggu," tambah Wahyu.

Wahyu menambahkan, QRIS mengusung semangat "Unggul" yakni Universal GampanG, Untung dan Langsung.

Universal yang berarti penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat. GampanG, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dengan menggunakan telepon pintar.

Untung, transaksi dengn QRIS menguntungkan penjual dan pembeli. Karena dengan QRIS transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR serta Langsung, dimana transaksi dengan menggunakan QRIS prosesnya cepat dan langsung sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya