Paramedis RSUP M Djamil Padang Sulap Jas Hujan Lima Ribuan jadi APD Tangani Pasien OPD Covid19

AI Mangindo Kayo | Jumat, 20-03-2020 | 17:05 WIB | 77 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Paramedis RSUP M Djamil Padang Sulap Jas Hujan Lima Ribuan jadi APD Tangani Pasien OPD Covid19<p>Seorang petugas medis RSUP M Djamil Padang, terpaksa memanfaatkan jas hujan senilai lima ribuan rupiah sebagai pengganti alat pelindung diri (APD) yang jadi standar penanganan penyakit menular. (istimewa)

VALORAnews - Seiring meningkatnya pemeriksaan Covid19 terhadap pasien di RSUP M Djamil Padang, membuat persediaan Alat Pelindung Diri (APD) semakin menipis.

Hal tersebut dibenarkan Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang, Gustivianof di Padang, Jumat (20/3/2020).

"Setiap hari kita memerlukan APD seperti baju, masker dan sarung tangan kurang lebih 40-50 unit. Ini membuat persediaan APD kita menipis," ujarnya.


Menipisnya APD ini disebabkan banyaknya pasien kiriman dari daerah-daerah.

Menurutnya, pihak RSUP melalui pimpinan sudah mengupayakan penambahan APD baik membeli ke Jakarta, melalui pemerintah provinsi maupun Kemenkes.

Untuk mengatasi kekurangan APD tersebut, petugas RSUP sementara waktu akan menggunakan jas hujan. Penelusuran media ini, jas hujan banyak dijual di pinggir jalan Kota Padang. Nilainya sebesar Rp5 ribuan yang terdiri dari baju dan celana. Sedangkan APD standard, ditebus lebih dari Rp500 ribu.

Walau tidak semaksimal APD standard, tapi ini harus dilakukan sebagai upaya melindungi petugas.

"Bagaimanapun, petugas harus tetap melayani masyarakat, disisi lain keselamatan petugas juga merupakan prioritas kita," pungkasnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya