Ada 90 ODP dan 3 PDP di Tanahdatar

AI Mangindo Kayo | Rabu, 25-03-2020 | 07:27 WIB | 49 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Ada 90 ODP dan 3 PDP di Tanahdatar<p>Rapat koordinasi Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Diseases (Covid19) Tanahdatar, dipimpin Asisten Administrasi Umum, Helfy Rahmy Harun, di posko penanganan wabah itu, Rabu (25/3/2020) pagi. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Terdapat 90 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terdata di Posko Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid19) Tanahdatar, Rabu (25/3/2020) pagi.

"Pada Kamis, 19 Maret 2020, terdapat 20 kasus ODP dengan 1 PDP. Saat ini, sudah meningkat jadi 90 orang ODP dengan 3 orang PDP dimana dua orang sudah ditangani di RS Ahmad Muchtar di Bukittinggi. Juga ada 1 orang yang baru akan dirujuk. Sampai saat kemarin, masih belum ada yang dinyatakan positif Covid19," ungkap Juru bicara Gugus Tugas, Roza Mardiah usai rapat koordinasi yang dipimpin Asisten Administrasi Umum, Helfy Rahmy Harun.

Data ini merupakan catatan hari ke-7 pascaditetapkan masa tanggap sekaligus pembentukan Komando Tanggap Darurat Bencana Penanganan Covid19 serta pendirian posko di komplek perkantoran bupati Tanahdatar di Pagaruyung.


Roza menjelaskan, peningkatan ini karena ada masyarakat yang baru pulang dari luar daerah dan secara sadar memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. "Sesuai protokol, ditetapkan ODP karena memiliki salah satu gejala Covid19 dan memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah terkonfirmasi Covid19 atau kontak dengan orang yang memiliki riwayat yang sama," ucapnya.

Roza mengatakan, peningkatan ini di satu sisi menunjukkan kesadaran masyarakat memeriksakan diri dan sisi lain kewaspadaan seluruh masyarakat terhadap penyebaran Covid19 harus semakin ditingkatkan, dengan proteksi diri dan social distancing.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Tanahdatar, Kompol Ischak saat memimpin apel pagi gelar pasukan penanganan Covid19 menyampaikan, tim edukasi akan melanjutkan kegiatan seperti sehari sebelumnya menuju daerah yang belum dikunjungi.

"Kepada petugas edukasi dan sosialisasi, diharapkan melanjutkan pengarahannya tentang Covid19 pada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap pandemi yang melanda kita saat ini," terangnya.

"Tentunya, kepada masyarakat juga diimbau untuk menindaklanjuti imbauan secara serius dan nyata sebagai bentuk menyayangi keluarga anda," tambah Kompol Ischak.

Untuk pelaksanaan penyemprotan desinfektan, tambah dia, akan dilakukan juga melalui tim dari Polri, TNI, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Kominfo dan personil lainnya. "Hari ini kita rencanakan penyemprotan di sekitar kantor Dinas Sosial, rumah dinas Kajari, Panti Asuhan di sekitar kota Batusangkar, panti Jompo dan juga asrama di Mako Kodim 0307 Tanahdatar," tukasnya.

Terpisah, Kalaksa BPBD Tanahdatar, Thamrin menyampaikan, menyikapi situasi, kondisi dan kejadian yang ada, ia berharap agar pihak kecamatan bersama Forkopimca, Wali Nagari sampai Wali Jorong secara bersama untuk bekerja untuk membantu Gugus Tugas Kabupaten.

"Kita menyadari betapa berbahayanya Covid19 ini, tentu Gugus Tugas Kabupaten butuh bantuan Sub Gugus Tugas di kecamatan, untuk mendata ataupun mengawasi serta memberikan arahan terhadap wabah ini," terang Thamrin.

"BPBD Tanahdatar siap membantu pengadaan posko penanganan Covid19 di kecamatan serta mobilernya, sehingga para petugas di posko bisa bekerja maksimal dalam pencegahan penyebaran Covid19," pungkasnya.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya