Lurah Rawang Modifikasi Tong Sampah jadi Fasilitas Cuci Tangan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 26-03-2020 | 17:17 WIB | 527 klik | Kota Padang
<p>Lurah Rawang Modifikasi Tong Sampah jadi Fasilitas Cuci Tangan<p>Lurah Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Andi Amir. Mulai , Kamis (26/03/2020), menyediakan fasilitas mencuci tangan bagi warga yang akan masuk kantor lurah yang ditempatkan di pintu masuk. Andi Amir mewajibkan warga yang datang untuk membasuh tangan lebih dulu. (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Lurah Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Andi Amir mewajibkan semua warga yang masuk kantor kelurahan, mencuci tangan lebih dulu. Fasilitas cuci tangan itu, merupakan hasil modifikasi tong sampah dan ditempatkan di pintu masuk kantor.

Tong sampah tersebut diisi air dan di bawahnya di pasang kran, layaknya galon air minum. Selain itu juga disediakan sabun untuk cuci tangan. Menampung air bekas cucian, disediakan ember plastik ukuran sedang.

"Ide tersebut muncul, menyisiasati langka dan mahalnya hand sanitizer sejak merebaknya Covid19," ungkap Andi Amir, Kamis (26/03/2020).


Tong sampah itu, terangnya, merupakan tong sampah sumbangan CSR yang belum terpakai. "Kebetulan ada warga yang punya usaha air minum isi ulang, jadi saya minta bantu pasangkan kran sehingga bisa difungsikan sebagai tempat menyimpan air untuk fasilitas cuci tangan," ujar Andi.

Ide kreatif ini disambut baik oleh warga. Setiap pengunjung kantor lurah, menyempatkan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah berurusan dengan petugas kelurahan.

"Setidaknya, kita berupaya membiasakan pola hidup bersih dan sehat pada masyarakat. Kita harap, dengan langkah ini, masyarakat dapat memahami pentingnya mencuci tangan agar terhindar dari berbagai macam virus termasuk Covid19," pungkas Andi. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya