Mahyeldi Tantang Komunitas Batu Akik Rancang Iven Internasional

AI Mangindo Kayo | Kamis, 09-04-2015 | 19:27 WIB | 1516 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Tantang Komunitas Batu Akik Rancang Iven Internasional<p>Salah seorang calon peserta kontes, Budi Aswar (39), tengah mendaftarkan batu akik koleksinya jenis Ujung Tanjung pada Gebyar Pesona Batu Akik Mulia Nusantara pada Kamis (9/4/2015), sekitar pukul 14.00 WIB di Ibis Hotel, Jl Taman Siswa No 1A, Kota Padang, Sumatera Barat. (AI Mangindo Kayo/valoranews)

VALORAnews -- Wali Kota Padang, Mahyeldi menantang komunitas pecinta batu akik di Kota Padang, untuk menggagas iven berskala internasional. Tak lagi sekadar iven lokal, regional maupun nasional. Momentum untuk iven kelas internasional itu, menurut Mahyeldi, salah satunya tersedia pada Oktober 2015 nanti.

"Padang akan jadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Menteri Luar Negeri (Menlu) anggota Indian Ocean Rim Association (IORA). KTT ini akan dihadiri utusan dari 20 negara anggota IORA pada Oktober nanti," tutur Mahyeldi saat membuka Gebyar Pesona Batu Akik Mulia Nusantara pada Kamis (9/4/2015), sekitar pukul 14.00 WIB di Ibis Hotel, Jl Taman Siswa No 1A, Kota Padang, Sumatera Barat.

Ke-20 negara anggota IORA tersebut terdiri dari negara-negara besar dan penting dalam percaturan ekonomi dunia. Di antaranya India dengan penduduk 1,2 miliar jiwa. Kemudian, negara-negara timur tengah yang merupakan negara "petro dollar" yang makmur serta Australia.


"Kota Padang ini, dikunjungi pemerintahan dari 120 kabupaten/kota di Indonesia dalam satu tahun. Juga ada kunjungan negara asing. Untuk itu, mari kita kembangkan produk kreatif dari batu akik ini dengan memanfaatkan momentum yang ada," ajak Mahyeldi.

Selain iven IORA ini, pada Oktober 2015 nanti, Kota Padang juga akan jadi tuan rumah penyelenggaraan sanitasi summit. Acara ini, bakal dihadiri utusan dari 400 kabupaten/kota di Indonesia. Begitu juga iven Tour de Singkarak 2015 yang diikuti berbagai negara.

"Mari kita ciptakan lagi batu akik Sumbar yang mirip dengan yang dipakai mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ataupun yang dipakai Presiden AS, Barrack Obama. Dengan membuat batu seperti yang dipakai tokoh terkenal disertai dengan dokumentasi foto, tentu harga batu akik Sumbar ini akan makin melambung tinggi," tukas Mahyeldi. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kota Padang lainnya