Sekolah di Sungaipenuh-Kerinci Diliburkan Sepekan Karena Asap

AI Mangindo Kayo | Kamis, 10-09-2015 | 22:22 WIB | 1432 klik | Nasional
<p>Sekolah di Sungaipenuh-Kerinci Diliburkan Sepekan Karena Asap<p>Kabut asap makin tebal menyelimuti langit Kota Kerinci, Kamis (10/9/2015). Gambar langit kota Kerinci diambil dari ketinggian. (riko pirmando/valoranews)

VALORAnews - Kabut asap yang menyelimuti wilayah kota Sungaipenuh dan kabupaten Kerinci, makin menebal. Kondisi tersebut membuat Pemko Sungaipenuh mengambil kebijakan, meliburkan semua sekolah di daerah itu.

Sebelumnya, Pemkab Kerinci dan Kementrian Agama (Kemenang) Kerinci, juga telah meliburkan sekolah akibat kabut asap yang kian tebal menyelimuti wilayah Kerinci.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Sungaipenuh, Pagaruyung menyebutkan, instruksi meliburkan sekolah ini telah disampaikan Kamis (10/9/2015) dan mulai berlaku, Jumat (11/9/2015). Instruksi ini, kata Pagaruyung, dikeluarkan setelah menerima laporan dari Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh, bahwa kadar Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Sungaipenuh mencapai angka 200 lebih.


"Angka kadar ISPU itu diketahui, berasal laporan dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Batam kepada Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh. ISPU dengan angka 200 lebih itu berarti, udara di Kota Sungaipenuh pada Kamis ini sudah masuk kategori tidak sehat atau membahayakan," katanya.

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, pihaknya menginstruksikan seluruh sekolah di kota Sungaipenuh, mulai Jumat (11/9/2015) meliburkan aktivitas sekolah. "Semua sekolah yang ada mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sederajat diliburkan. Suratnya kita edarkan Kamis ini," sebutnya.

Ia menambahkan, meliburkan sekolah ini direncanakan akan dilakukan hingga Rabu (16/9/2015) pekan depan. "Rencanakan sampai Rabu depan, setelah itu kita lihat lagi perkembangannya," tuturnya.

Sementara itu, akibat kabut asap tersebut, Pemkab Kerinci juga sudah meliburkan sejumlah sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci Mat Seri mengatakan, libur sekolah ini khusus bagi taman kanak-kanak (TK) dan PAUD di Kabupaten Kerinci sejak Selasa (8/9/2015) lalu.

Begitupun dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kerinci, mulai Rabu (9/9/2015) lalu, pihak Kemenag meliburkan semua RA di Kerinci dan sebagian MI di beberapa wilayah yang dinilai sudah tergolong parah. (cr2)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Rantau lainnya
Berita Nasional lainnya