Jalan Depan SPBU Gunungpangilun Langganan Banjir

"Ini Bukan Drainase, tapi Saluran Irigasi"

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 22-11-2014 | 14:58 WIB | 1534 klik | Kota Padang
<p>" />Ruas jalan depan SPBU Gunung Pangilun ini, selalu jadi langganan genangan air. Pemerintah diharapkan

VALORAnews - Hujan lebat yang mengguyur Padang sejak Sabtu (22/11/2014) siang, menyebabkan sejumlah genangan di jalan raya. Salah satu titik yang jadi langganan itu di depan SPBU Gunungpangilun, Jl Gajah Mada, Kecamatan Nanggalo, Padang.

"Genangan ini terjadi akibat meluapnya air dari drainase jalan. Drainase ini, sebenarnya bagian terujung dari saluran primer Irigasi Gunung Nago," ungkap Pak Zet (58), karyawan UD Pamurah, di Jl Gajah Mada, Padang.

Dikatakan Pak Zet, di depan tempatnya bekerja ini, selalu jadi langganan genangan. Karena, di depan warung UD Pamurah itu pula lah, air drainase meluap hingga menggenangi jalan sepanjang 60 meter, mulai dari persimpangan ke Mapolsek Nanggalo hingga depan SPBU Gunungpangilun.


"Jalan ini, baru dua hari kemarin ditambal dengan aspal oleh pemerintah. Sekarang, sepertinya sudah kembali berlubang. Sudah sering ditambal, tapi tak ada yang tahan lama," ungkap Pak Zet sembari tersenyum penuh arti.

Genangan air yang mencapai ketinggian sekitar 30 centimeter itu makin menjadi, terangnya, juga dipicu oleh saluran drainase di depan SPBU tak berfungsi. "Pemerintah seharusnya mencari akar masalahnya kenapa selalu terjadi genangan dititik ini," harapnya.

Drainase depan UD Pamurah ini, merupakan bagian dari saluran irigasi yang tengah diperbaiki di jalan jalur II Alai-Bypass. Airnya berasal dari Irigasi Gunungnago di Kecamatan Pauh, Padang. Airnya melintasi sejumlah kelurahan di kecamatan Pauh, Padang Barat hingga Nanggalo. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya