Senam Prolanis Dikenalkan pada HKN 2015

AI Mangindo Kayo | Minggu, 15-11-2015 | 20:51 WIB | 1005 klik | Kota Padang
<p>Senam Prolanis Dikenalkan pada HKN 2015<p>Sekda Padang, Nasir Ahmat bersama Eka Lusti (kepala DKK Padang) dan jajaran serta masyarakat, berbaur di GOR Agus Salim melaksanakan Senam Prolanis, Minggu (15/11/2015). Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HKN 2015. (humas)

VALORAnews - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2015 yang jatuh 12 November, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang menggelar berbagai lomba. Selain lomba senam antar staf Puskesmas, juga diadakan lomba Senam Prolanis yang diikuti kelompok lansia binaan masing-masing Puskesmas.

"Lomba senam ini dilaksanakan, bukan hanya untuk memeriahkan HKN 2015 ini, tetapi juga diharapkan semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebugaran dan kesehatan," kata Kepala Dinkes Padang, Eka Lusti, Minggu (15/11/2015) di Padang.

Disebutkan, Senam Prolanis merupakan senam yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Senam ini biasanya dilakukan lansia maupun yang masih muda, tetapi memiliki penyakit generatif.


Lomba lain yang digelar adalah lomba cerdas cermat antar kader Puskesmas, lomba Dinas Kesehatan idola, lomba Puskesmas dan dokter berprestasi, lomba balita sehat Indonesia, lomba dokter kecil antar Sekolah Dasar (SD) serta lomba Kawasan Tanpa Rokok (KTR) antar Kecamatan.

Eka Lusti mengutip pernyataan Menteri Kesehatan RI, bila kesadaran pentingnya kesehatan tumbuh di masyarakat juga akan cinta sehat. "Generasi cinta sehat adalah kita semua. Bangsa Indonesia dari berbagai usia, bayi, Balita, anak, remaja, dewasa dan Lansia turut serta dalam pembangunan kesehatan. Oleh karenanya, perlu mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat," ujarnya, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Peringatan HKN ke-51 ini, merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat semua elemen, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

"Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional kita," urainya. (klg)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya