Batu Besar Sumbat Aliran Air ke Sawah di Tiga Kelurahan

AI Mangindo Kayo | Minggu, 15-11-2015 | 21:58 WIB | 1073 klik | Kota Padang
<p>Batu Besar Sumbat Aliran Air ke Sawah di Tiga Kelurahan<p>Wako Padang, meninjau aliran sungai yang mengaliri sawah di tiga kelurahan di kecamatan Lubuk Kilangan yaitu kelurahan Baringin, Tarantang dan Koto Lalang. Batu besar yang menghambat akibat banjir pekan lalu, membuat air tak lagi mengalir. (humas)

VALORAnews - Musibah banjir dan longsor yang menimpa Kota Padang, Rabu (11/11/2015), mengakibatkan kerusakan di sejumlah tempat. Tak hanya merusak infrastruktur, sawah warga pun ikut kekeringan karena tidak teraliri air hingga saat ini.

Hal ini terjadi di tiga kelurahan di Kecamatan Lubuk Kilangan. Camat Lubuk Kilangan, Syafwan menyebut, salah satu sungai yang biasanya mengairi sawah warga di tiga kelurahan, Baringin, Tarantang dan Koto Lalang, airnya tak lagi mengalir.

"Setelah banjir lalu, sungai tidak lagi mengaliri air ke tiga kelurahan itu. Sekitar 100 hektar terancam mengalami kekeringan," ujar Syafwan, Minggu (15/11/2015).


Syafwan menyebut, penyebab tidak mengalirnya air karena aliran ke tiga kelurahan tersumbat batu besar. Beruntung pada Minggu itu, Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo datang ke lokasi dan melihat langsung keadaan sungai tersebut.

"Atas laporan kami beserta masyarakat, Pak Wali langsung datang meninjau ke lokasi," katanya.

Dituturkan Syafwan, saat melihat kondisi demikian, Mahyeldi menelepon langsung Dinas Pekerjaan Umum. Seketika, personil dari Dinas PU langsung turun ke lokasi.

"Ketika itu Pak Wali minta Dinas PU untuk mengeluarkan batu yang menyumbat aliran air tersebut," ujar Syafwan.

Syafwan berharap, Dinas PU segera mengeruk dan mengeluarkan batu yang menyumbat aliran air sungai ke sawah warga. Apalagi saat ini, di beberapa tempat, ada sawah warga yang sangat butuh air.

"Dinas PU berjanji akan menurunkan alatnya besok (Senin)," tambah Syafwan. (klg)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya