Kembangkan Wisata Pukek, Nelayan: Sampah Laut Harus Bersih

Sri Wahyeni | Kamis, 21-01-2016 | 14:21 WIB | 1099 klik | Kota Padang
<p>Kembangkan Wisata Pukek, Nelayan: Sampah Laut Harus Bersih<p>Setiap kali hujan lebat di kawasan hulu, tumpukan sampah selalu menghiasi setiap muara sungai yang berakhir Pantai Padang. Seperti di pintu muara Batang Arau. (ririsatria40.files.wordpress.com)

VALORAnews - Rencana Pemko Padang untuk mengembangkan wisata pukek didukung sejumlah nelayan. Setidaknya, ide tersebut bisa mendatangkan penghasilan tambahan bagi para nelayan di sekitar kawasan Pantai Padang.

Seorang nelayan dan pemilik pukek asal Purus Syafri (36) menyebut, pengembangan wisata pukek tersebut akan memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Padang. "Mereka akan merasakan asyiknya menggunakan pukek. Kami sangat mendukung rencana ini," kata Syafri, Selasa (19/1/2016) lalu. (Baca: Padang Akan Kembangkan Wisata Pukek)

Saat ini, katanya, nelayan pukek di Purus berjumlah lebih kurang 30 orang. Syafri dan kawan-kawan lainnya memiliki tiga pukek. Kini, Syafri hanya menggunakan dua pukek setiap harinya. Sedangkan satu pukek berukuran besar masih disimpan.


Sebelum wisata "Elo Pukek" di Pantai Padang benar-benar dikembangkan, Syafri dan lainnya berharap Pemko Padang untuk membersihkan dasar laut di Pantai Padang. Sebab, selama ini di dasar laut tersebut cukup banyak sampah dan batang kayu. Sehingga kerap membuat pukek nelayan tersangkut dan putus. "Di bawah tu banyak batang, acok tasangkuik pukek di sinan," tambah Syafri. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya