Apapun Jenis Mobil, Anda Bisa Berhemat! Ini Caranya

Sri Wahyeni | Jumat, 29-01-2016 | 19:50 WIB | 983 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Apapun Jenis Mobil, Anda Bisa Berhemat! Ini Caranya<p>CEO Carmudi Indonesia Subir Lohani dan Co-Founder Carmudi Indonesia Gunnar Rentzsch (ist)

VALORAnews--Tidak harus memiliki mobil hybrid untuk bisa menghemat penggunaan bahan bakar mobil Anda. Fitur berjenis eco-care pun telah banyak diluncurkan berbagai merek kendaraan demi mengedukasi masyarakat untuk berhemat bahan bakar.

Dirjen Migas Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral menyatakan bahwa saat ini kapasitas penyimpanan cadangan operasional untuk kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) kurang lebih sekitar 21-22 hari atau sejumlah 30,8 juta barel.

Sedangkan untuk mencapai ketahanan energi idealnya suatu negara harus memiliki cadangan BBM hingga 90 hari. Hal ini berarti idealnya Indonesia setidaknya memiliki cadangan BBM hingga 126 juta barel. Penghematan BBM merupakan hal mutlak dan kita sebagai pengemudi dapat berhemat bila mengetahui caranya.


Carmudi Indonesia merangkum informasi mengenai cara-cara mudah yang dapat dilakukan setiap pengendara untuk dapat berhemat bahan bakar apapun merek dan jenis mobilnya.

1. Muatan barang

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah berat muatan barang yang Anda bawa di mobil pada saat bepergian. Jika Anda membawa dua buah koper yang memiliki berat 20kg dan sebuah boks dengan berat 5kg maka hal tersebut sudah mengurangi dua persen dari laju mobil Anda.

2. Peletakan barang bawaan

Seringkali pada musim liburan atau mudik, banyak pemilik kendaraan yang menaruh barang di atap mobil karena kapasitas bagasi mobil tidak mencukupi. Namun faktanya, barang-barang yang ditumpuk di atap mobil tersebut dapat mengurangi sisi aerodinamis mobil dan berdampak pada pemborosan bahan bakar hingga lima persen.

3. Kecepatan

Hasil analisa Carmudi juga memperlihatkan bahwa mengebut di jalan raya kota menyumbang pemborosan bahan bakar sebesar lima persen dan mengebut di jalan bebas hambatan menimbulkan pemborosan hingga 33 persen pada mobil Anda.

Faktanya, bila Anda memacu mobil mulai dari kecepatan10 km/jam hingga 100 km/jam dengan menginjak pedal gas berulang-ulang, untuk setiap 1,6 km yang Anda tempuh maka sama saja dengan membuang ekstra Rp4.000 dari bensin yang seharusnya dapat Anda hemat.

4. Kebiasaan memainkan gas saat mobil steady

Hal lain yang menjadi pemicu pemborosan bahan bakar adalah ketika Anda memainkan gas mobil Anda ketika berada di posisi steady atau idle, maka Anda membuang percuma 1/4 liter bensin.

Situasi ini sering terjadi pada saat Anda tengah di lampu merah atau ketika memanaskan mobil di pagi hari. Hal ini tidak diperlukan karena kendaraan masa kini tidak lagi membutuhkan pemanasan mesin ketika akan digunakan dan akan mati ketika didiamkan lebih dari 30 menit.

5. Tekanan udara ban

Anda sebaiknya juga rutin mengecek tekanan udara pada ban mobil Anda. Faktor tekanan udara yang pas akan mengefektifkan pembakaran bahan bakar mobil Anda hingga empat persen.

6. Pendingin udara

Langkah terakhir untuk menghemat bahan bakar adalah bijak menggunakan pendingin udara di kabin mobil. Pemakaian pendingin udara yang terlalu dingin menyumbang pemborosan bensin mobil Anda hingga 10-15 persen.

Gunakan pending udara mobil Anda dengan temperatur yang ringan agar tidak memberatkan kinerja mesin yang berakibat pada pemborosan bahan bakar mobil kesayangan Anda.

"Kebiasaan berkendara yang benar dan mengetahui tentang hal-hal sederhana ternyata dapat berkontribusi terhadap penghematan bahan bakar yang cukup signifikan. Carmudi berharap para pengendara menjadi semakin bijak untuk berkendara secara benar sehingga dapat berperan serta dalam penghematan bahan bakar dalam skala makro bila seluruh pengemudi menerapkannya," jelas Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia.

loading...
Berita Otomotif lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya