LKS Mitra Kenanga Mitra Pemko Berantas Siswa Putus Sekolah

AI Mangindo Kayo | Senin, 18-05-2015 | 19:59 WIB | 1532 klik | Kota Payakumbuh
<p>LKS Mitra Kenanga Mitra Pemko Berantas Siswa Putus Sekolah<p>Wawako Payakumbuh, Suwandel Muchtar berfoto bersama sembilan anggota Majelis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Payakumbuh, usai dilantik 12 Mei 2015. Juga hadir utusan dari BPSK Padang, Desemberius (kiri Wawako). (humas Pemko Payakumbuh)

VALORAnews - Keluarga miskin di Kota Payakumbuh, tak perlu risau dan khawatir lagi saat tak mampu menyekolahkan putera-puterinya ke tingkat pendidikan lebih tinggi. Pemko Payakumbuh, telah membentuk sebuah Lembaga Kesejahteraan (LKS) Mitra Kenanga. Badan inilah nantinya yang diberi kewenangan dan bertanggungjawab mengurus pendidikan orang miskin dan kegiatan sosial lainnya.

Launching kegiatan LKS Mitra Kenanga itu dilakukan Walikota Riza Falepi, di depan seribuan lebih umat Islam dari berbagai kelompok pengajian, anggota Muspida, pimpinan SKPD, perbankan, jajaran Kantor Kementerian Agama serta Wakil Ketua DPRD Suparman, Ketua TP-PKK Dr Henny Riza Falepi, Wakil Ketua TP-PKK Ny Hj Suwandel Muchtar dan sejumlah undangan lainnya. Gubernur Irwan Prayitno juga ikut melepas balon membawa spanduk kecil LKS Mitra Kenanga ke udara.

Di depan ribuan umat Islam yang tengah memperingati peristiwa Isra Mi'raj 1436 H itu, Walikota Riza Falepi memperkenalkan 15 orang pengurus harian LKS Mitra Kenanga, dipimpin Erwin Satriadi, kepala SMN 10 Payakumbuh di bawah binaan Dinas Sosial Payakumbuh.


LKS Mitra Kenanga, nantinya akan menghimpun infak dan sedekah serta segala bantuan dari kalangan PNS, perbankan dan pengusaha serta pemilik modal lainnya. Organisasi ini, bukan tandingan dari Baznas atau organisasi pengumpul zakat lainnya. "Sebaliknya, mitra kerja Baznas dan pemerintah yang menghimpun segala bentuk bantuan dari berbagai elemen masyarakat," terang Riza Falepi, Senin (18/5/2015).

Tahap awal, LKS Mitra Kenanga sudah punya modal dasar, bantuan PNS dari berbagai SKPD di kota ini. Sepanjang dua bulan terakhir, LKS Mitra Kenanga sudah mendapatkan infak sedekah dari PNS, lebih kurang Rp20 juta. Walikota Riza Falepi, berharap, seluruh pengurus pro aktif menghimpun dana buat kepentingan sosial ini.

Walikota tak ingin, ada keluarga miskin yang menangis, anaknya tak bersekolah akibat tak punya biaya. "Saya tak ingin mendengar lagi, ke depan, ada putera-puteri dari keluarga miskin yang menangis tak bersekolah, akibat tak punya biaya," tegasnya.

Dikatakan, keberadaan LKS Mitra Kenanga ini, bukan hanya sepanjang kepemimpinan pasangan Walikota Riza Falepi dan Wawako Suwandel Muchtar. Tapi, harus dipertahankan sepanjang masa oleh pemerintahan selanjutnya. "Badan ini, untuk kemaslahatan rakyat banyak, membantu keluarga miskin di kota ini. Karena itu, harus dikelola secara profesional, transparan dan akuntabel," tegasnya.

Dalam rangka kemitraan dengan Baznas Payakumbuh, LKS menyerahkan bantuan pada 30 pelajar SD, msing-masing Rp350 ribu dan 35 pelajar SMP masing-masing Rp375 ribu dan 40 siswa SMA dengan bantuan Rp400 ribu dari keluarga miskin dengan total dana Rp39,625 juta. (relis)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Payakumbuh lainnya