Salaju Sampan Rang Palinggam Digelar Kembali

AI Mangindo Kayo | Jumat, 22-05-2015 | 19:36 WIB | 1659 klik | Kota Padang
<p>Salaju Sampan Rang Palinggam Digelar Kembali<p>Peserta tengah berlomba di iven Salaju Sampan yang merupakan olah raga khas anak nagari Padang. Iven ini dibuka Kamis (21/5/2015) berbarengan dengan Festival Siti Nurbaya yang dihelat Pemko Padang. (humas Padang)

VALORAnews -- Setelah 12 tahun tak digelar rang Palinggam, olahraga tradisional Salaju Sampan digelar bertepatan dengan Festival Siti Nurbaya yang telah dijadikan kalender tahunan Pemko Padang. Lomba ini dibuka Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Mahyeldi (Wako Padang).

"Salaju Sampan memiliki sejarah sangat panjang bagi Kota Padang. Ini merupakan olahraga air yang telah jadi olahraga tradisional anak nagari Padang. Kini, iven ini hampir tak diketahui generasi muda. Tentunya, kita lah yang akan mempopulerkannya kembali," ungkap Mahyeldi pada wartawan, usai pembukaan, Kamis (21/5/2015) di Batang Harau, Padang.

Juga hadir saat pembukaan, Lantamal II Teluk Bayur, Muspida, Sekda Nasir Ahmad, jajaran SKPD Kota Padang, ninik mamak, cadiak pandai, Bundo Kanduang, para tetua yang memotori digelarnya lomba salaju sampan yang dipusatkan di Muaro Padang, tidak jauh dari jembatan Siti Nurbaya.


Diharapkan, selama berjalannya perlombaan, tidak terjadi masalah yang dapat merugikan. Seperti yang sering terjadi antara peserta, saling terjadi ejek dan juga dengan penonton. Sehingga, memanciang suasana yang tidak diingikan bersama.

"Peserta lomba Salaju Sampan, diharapkan menegakkan sportifitas sebagai seorang olahragawan. Jangan mudah terpancing, peliharalah kesabaran di setiap perlombaan. Kalah menang di setiap perlombaan dan di setiap pertandingan, suatu yang wajar dan begitulah adatnya," terang Mahyeldi.

"Jangan kotori olahraga tradisional Salaju Sampan yang kita banggakan ini, dengan persoalan-persoalan yang tidak berarti," tambahnya. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Sport lainnya
Berita Kota Padang lainnya