Dekranasda Pusat Terpesona dengan Kerajinan Sulam dari Agam

AI Mangindo Kayo | Kamis, 06-10-2016 | 09:59 WIB | 526 klik | Kab. Agam
<p>Dekranasda Pusat Terpesona dengan Kerajinan Sulam dari Agam<p>Ketua Dekranasda Agam, Ny Vita Indra Catri (kanan), memperlihatkan langsung proses pembuatan sulaman khas daerah ini pada Ketua Bidang Pameran dan KSLN Dekranas Pusat, Peggy Enggartiasto Lukita (tengah) dan Ketua Dekranasda Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno (kiri) di rumah sulam Kabupaten Agam di Belakang Balok, Kota Bukittinggi, Selasa (3/10/2016). (humas)

VALORAnews - Ketua Bidang Pameran dan KSLN Dekranas Pusat, Peggy Enggartiasto Lukita mengaku sangat tertarik dengan hasil kerajinan tangan para perajin binaan Dekranasda Kabupaten Agam. Selain bahan dasar yang cukup baik, motif dan desainnya juga unik dan memiliki ke khasan tersendiri bagi konsumen.

"Sulaman suci cair, terawang dan kapalo samek, merupakan salah satu kerajinan yang sangat sulit dari beberapa kerajinan tangan lainnya. Karena, selain proses pembuatannya yang lama, juga dibutuhkan perajin yang andal dan jeli dalam menjahitnya," ungkap Peggy saat berkunjung ke rumah sulam Kabupaten Agam di Belakang Balok, Kota Bukittinggi, Selasa (3/10/2016).

Selain sejumlah pengurus Dekranas Pusat, turut mendampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Ny Nevi Irwan Prayitno dan rombongan dari Kementerian Perdagangan RI.


Peggy mengaku puas, dengan hasil produk unggulan tersebut, seperti kerajinan sulaman tangan, kerajinan perak, kuningan, bambu. Apalagi, Kabupaten Agam sudah tampil dibeberapa ajang berkelas nasional bahkan internasional.

"Tentu saja hasil kerajinan Agam sudah dikenal dan salah satu yang diperhitungkan di dunia kerajinan," jelasnya.

Kendati demikian, dia berharap, para perajin Kabupaten Agam umumnya Sumbar, selalu kreatif dan upgrade terhadap perkembangan dunia kerajinan, sehingga bisa bersaing di pasar global.

Sementara, Ketua Dekranasda Kabupaten Agam, Ny Vita Indra Catri mengaku senang, atas kunjungan yang dilakukan tim Dekranas Pusat.

"Di samping penghargaan tersendiri, kunjungan ini bisa jadi motivasi bagi kami baik dalam meningkatkan kualitas kerajinan maupun kualitas SDM para perajin," terangnya. (rls/jal)

Berita Perempuan lainnya
Berita Kab. Agam lainnya