Baru 7 Tokoh Berkonsultasi Soal Peluang Ikut Pilkada di Jalur Perseorangan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 28-05-2015 | 21:27 WIB | 1341 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Baru 7 Tokoh Berkonsultasi Soal Peluang Ikut Pilkada di Jalur Perseorangan<p>Komisioner KPU Sumbar, menemani komisioner KPU RI melihat-lihat keindahan Danau Maninjau dari Puncak Lawang, Agam, Sumatera Barat, 29 April 2015. (istimewa)

VALORAnews -- Data sementara yang dirangkum Kordiv Sosialisasi KPU Sumbar, Nova Indra, baru sekitar tujuh orang tokoh yang berkonsultasi ke KPU tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, untuk maju dari jalur perseorangan pada pilkada serentak di Sumbar 2015 ini.

"Angka itupun, masih tercatat satu per KPU. Ada yang bertanya melalui telepon, juga ada yang datang langsung ke kantor KPU baik itu calon maupun timnya," ungkap Nova Indra, beberapa saat lalu.

Pada 2015 ini, di Sumbar terdapat pilkada serentak antara provinsi dengan 11 kabupaten dan dua kota di Sumbar. Pilkada serentak di 2015 ini, merupakan yang ketiga kalinya digelar setelah 2005 dan 2010.


Untuk pilkada gubernur 2015 yang pencoblosannya bakal digelar 9 Desember nanti, persyaratan untuk maju dari jalur perseorangan, setiap pasangan calon harus didukung paling sedikit 458.101 jiwa penduduk yang telah memenuhi persyaratan. Dukungan ini, juga harus tersebar di 10 kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

Dokumen dukungan calon perseorangan ini diserahkan ke KPU Sumbar, dalam rangkap tiga dengan ketentuan asli dan dua rangkap salinan, dalam bentuk soft dan hard copy mulai 8-12 Juni pada jam kerja yaitu pada pukul 08.00-16.00 WIB. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat KPU Sumbar ataupun KPU di tingkat kabupaten/kota. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya