Inilah Amalan Khusus Rasulullah SAW Usai Shalat Jumat

AI Mangindo Kayo | Jumat, 06-03-2015 | 09:41 WIB | 922 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Inilah Amalan Khusus Rasulullah SAW Usai Shalat Jumat<p>Lambang NU

VALORAnews - Syekh Abdullah bin Hijazi As-Syarqawi dalam karyanya Hasyiyatus Syarqawi ala Tanqihil Lubab, menukilkan amalan yang dilakukan secara khusus oleh Rasulullah SAW di hari Jumat. Yakni, usai salam sembahyang Jum'at tetapi sebelum mengubah posisi kaki dan sebelum bicara, kita disunahkan membaca surat Al-Fatihah, Qul Hu, Falaq, dan Nas masing-masing 7 kali.

Lalu Rasulullah mengucap, "Allahumma ya Ghaniyyu ya Hamid, ya Mubdi'u ya Mu'id, ya Rahimu ya Wadud. Aghnini bi halalika 'an haromik, wa bifadhlika 'amman siwak" sebanyak 4 kali (Hai Tuhanku Yang Maha Kaya Lagi Maha Terpuji, Yang Maha Memulai Lagi Kuasa Mengembalikan, Yang Maha Penyayang Lagi Maha Kasih, Cukupkan aku oleh pemberian-Mu yang halal, bukan yang haram. Dan puaskan aku oleh kemurahan-Mu, bukan selain-Mu).

Siapa saja melazimkan amalan ini, niscaya Allah cukupkan dan berikan rezeki kepadanya dari mana yang ia tidak perhitungkan sebelumnya; Allah ampuni dosanya baik yang lewat maupun yang dating serta Allah pelihara sikap beragamanya, kehidupan dunianya, keluarganya, dan anaknya. Demikian disebutkan Ibnu Hajar dan Al-Khotib. Kata guru kami Al-Hafni. "Doa tersebut dalam hadits shahih dari Rasulullah SAW."


Keterangan ini juga disampaikan Imam Nawawi dalam karyanya yang memuat doa dan zikir-zikir, Al-Adzkar. Wallahu A'lam. (nu.or.id)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya