Konfercab Bersama PDIP se-Sumbar

Seluruh Ketua Dipilih dengan Mufakat

AI Mangindo Kayo | Minggu, 08-03-2015 | 07:07 WIB | 1051 klik | Kota Padang
<p>Seluruh Ketua Dipilih dengan Mufakat<p>Ketua tim pemenangan Jokowi-JK Sumbar Alex Indra Lukman, ikut membungkus takjil yang akan diberikan

VALORAnews - PDI Perjuangan Sumbar, memilih 19 ketua dewan pimpinan cabang (DPC) secara mufakat pada konferensi cabang (konfrencab) bersama yang digelar di Inna Muara Hotel, Sabtu (14/3/2015). Filosofi musyawarah-mufakat yang jadi nilai-nilai luhur masyarakat Minangkabau melalui peran tungku tigo sajarangan itu, diaplikasikan partai nasionalis ini tanpa gejolak berarti.

"Tak semua pemilihan harus diselesaikan secara voting-votingan. PDI Perjuangan Sumatera Barat membuktikan, memilih pengurus partai itu bisa dilaksanakan dengan bermusyawarah. Ini budaya dan tradisi berpolitik yang akan terus diperjuangkan dalam memilih pemimpin internal partai," terang Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman, usai konfercab, kemarin.

Muscab bersama ini, dihadiri lebih dari 1.000 kader, dimana 700 orang di antaranya merupakan pemilik suara. Sementara, calon ketua cabang yang diusulkan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar itu, sebanyak 95 orang. Figur calon ketua ini, dihasilkan melalui musyawarah anak cabang yang merekomendasikan sejumlah nama yang akan dipilih jadi ketua cabang (tingkat kabupaten/kota).


"Tak ada pembatasan usulan dari musyawarah anak cabang untuk calon ketua cabang. Yang pasti, setiap nama yang dicalonkan itu, harus mengikuti serangkaian ujian," ungkap Alex.

Ujian itu, terang Alex, terdiri dari uji kompetensi yang terdiri dari pemahamahan terhadap ideologi, tentang kepartaian serta penyampaian visi-misi saat jadi ketua nanti. Kemudian, mengikuti psikotest, guna mengidentifikasi jiwa kepemimpinan setiap figur calon ketua itu.

"Nama-nama yang telah mengikuti serangkaian ujian secara terpusat di Padang ini lah, kemudian dikerucutkan jadi tiga nama, yang kemudian dipilih secara musyawarah mufakat pada muscab kemarin. Tiga nama itu dipastikan akan jadi pengurus, namun tidak mesti jadi KSB (ketua, sekretaris, bendahara)," ungkap anggota DPR RI dapil Sumbar I itu.

Pengurus Ramping

Pada konfercab kemarin, terang Alex, sekaligus dilakukan pelantikan pengurus. Jumlah pengurus, bervariasi di setiap daerah, tergantung dengan banyaknya kecamatan di tingkat kabupaten/kota tersebut.

"Personalia pengurus DPC itu berjumlah antara 11 sampai dengan 19 orang. Pengurus baru ini langsung bertugas dengan masa bakti 2015-2020 nanti," tegas Alex yang juga bendahara Fraksi PDIP DPR RI itu.

Usai konfercab ini, terang Alex, juga akan disusul dengan pelaksanaan pemilihan ketua tingkat provinsi dalam konfrensi daerah (konferda) yang akan digelar Rabu (11/3/2015) besok. Terdapat 12 nama yang diapungkan pengurus cabang, untuk jadi calon ketua DPD (provinsi-red).

"Dari 12 nama itu, hanya enam orang yang mengikuti ujian --untuk tingkat Sumatera dipusatkan di Medan. Figur-figur calon ketua DPD itu, juga mengikuti serangkaian ujian seperti calon ketua DPC. Tiga nama yang dihasilkan untuk dimusyawarahkan itu, merupakan keputusan ketua umum PDIP," ungkapnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kota Padang lainnya