Konferda IV PDIP Sumbar

Alex Indra Lukman Kembali Pimpin PDIP Sumbar

AI Mangindo Kayo | Rabu, 11-03-2015 | 23:59 WIB | 3623 klik | Kota Padang
<p>Alex Indra Lukman Kembali Pimpin PDIP Sumbar<p>Ketua DPP PDIP, Nursiwan Sujono melantik pengurus DPD PDIP Sumbar usai Konferda IV di Inna Muara Hot

VALORAnews - Peserta Konferensi Daerah (Konferda) IV DPD PDI Perjuangan Sumbar, menyepakati Alex Indra Lukman sebagai ketua periode 2015-2020. Konferda yang berlangsung dari pagi hingga sore Rabu (11/3/2015) di Inna Muara Hotel, Padang itu, juga menetapkan Syamsul Bahri sebagai sekretaris dan Jhoni Amir (bendahara) beserta 18 pengurus harian lainnya.

Ketua DPD PDIP Sumbar terpilih, Alex Indra Lukman mengakui, selama lima tahun kepemimpinan di periode sebelumnya, cukup banyak dinamika yang dilaluinya bersama jajaran pengurus DPD PDIP Sumbar.

"Berkat kekompakan dan rasa soliditas yang tinggi, kami bisa melewati dinamika tersebut," jelas Alex, usai Konferda yang dihadiri sekitar 57 pemilik suara dan ratusan kader lainnya itu.


Tak mau berlama-lama, Alex yang juga bendahara Fraksi PDIP DPR RI itu mengatakan, akan segera mengikuti instruksi yang diberikan DPP, melahirkan program prorakyat sebagai mana dicita-citakan PDI Perjuangan.

Program yang akan dibuat, terangnya, diprioritaskan pada bidang pertanian.Karena, aspek ini berhubungan erat dengan program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

"Untuk bisa membangkitkan dan menggerakkan program pertanian itu, harus mengubah mind set masyarakat dengan menjadikan pertanian itu sebagai budaya yang harus ditumbuhkan pada masyarakat," terang Alex.

"Untuk itu, PDIP berencana akan melakukan revolusi mental para petani yang sudah tumbuh secara kultural menjadi mental terbuka dan berpikiran maju," tambahnya.

Dijelaskan, dengan terbukanya pemikiran para petani,maka program pertanian menuju kedaulatan pangan yang diluncurkan pemerintahan Jokowi,bisa direalisasikan.

Bila itu sudah berjalan, PDIP kemudian mengoptimalkan fungsi koperasi sebagai tulang punggung penggerak ekonomi rakyat.

"Ini sesuai yang diajarkan Bung Hatta bahwa Koperasi sebagai soko guru ekonomi kerakyatan," ulasnya lagi.

Di samping program prorakyat, Alex juga menyebutkan, akan memperkuat basis partai hingga ketingkat kelurahan sampai pada RW/RT maupun nagari, jorong dan korong.

"Semua itu kami lakukan, agar PDIP bisa berhasil sebagai pemenang dalam pilkada serentak 2015 ini di tiap tingkatan, mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten kota," harap Alex.

Sebelumnya, dalam rakerda PDIP, pengurus ranting dan cabang telah mengusulkan 12 nama sebagai calon ketua provinsi. Ke-12 nama itu kemudian mengikuti serangkaian test, yang skala Sumatera dipusatkan di Kota Medan, Sumut.

Dari 12 nama itu, hanya enam orang kader yang mengikuti ujian yang terdiri dari kompetensi, pemahaman kepartaian, penyampaian visi-misi dan terakhir psikotest.

Hasil ujian tertulis keenam kader itu, dikirim ke DPP PDIP untuk diputuskan jadi tiga nama oleh ketua umum, Megawati Soekarno Putri. Tiga nama itu lah, yang dibawa utusan DPP PDIP Sumbar dalam amplop tertutup.

Ketua DPP PDIP, Nursiwan Sujono yang membuka Konferda PDIP Sumbar itu bersama Maruarar Sirait, dalam pidato pembukaan mengatakan, tiga nama yang akan dipilih itu yakni Alex Indra Lukman (ketua incumbent), Agus Susanto (sekretaris incumbent) dan Yose Firman (bendahara incumbent).

Melalui musyawarah, akhirnya Alex Indra Lukman kembali dipercaya sebagai ketua. Sedangkan Agus Susanto yang juga anggota DPR RI Dapil Sumbar II dan Yose Firman diperiode lima tahun ke depan, dipercaya mengemban amanah sebagai wakil ketua. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kota Padang lainnya