Hendra: MEA Tak Perlu Ditakuti

AI Mangindo Kayo | Senin, 15-06-2015 | 19:41 WIB | 1471 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Hendra: MEA Tak Perlu Ditakuti<p>Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim membuka simposium yang digelar DPRD Sumbar, Senin (15/6/2016) dalam rangka mempersiapkan daerah menghadapi MEA. (Humas DPRD Sumbar)

VALORAnews -- Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menegaskan, pasar bebas Asean atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tak perlu ditakuti. Karena, penekanan yang dijadikan prioritas dari MEA itu nanti justru memberikan keuntungan, khususnya bagi rakyat Sumbar.

"Agar kita dapat meraih kesempatan dan peluang dari MEA ini, tentu kita harus menyiapkan diri dan meningkatkan daya saing daerah agar mampu bersaing dengan sesama masyarakat negara Asean lainnya," terang Hendra saat membuka simposium yang digelar DPRD Sumbar, Senin (15/6/2016) dalam rangka mempersiapkan daerah menghadapi MEA.

Jika tidak bersiap, terang Hendra, hal ini akan jadi hambatan bagi Sumbar untuk meraih peluang dan kesempatan yang tersedia dari MEA ini. Di antara keuntungan yang dapat diraih yaitu Asean jadi pasar tunggal, Asean sebagai kawasan dengan daya saing ekonomi tinggi, Asean dengan pengembangan ekonomi dengan fokus pada usaha kecil dan menengah serta Asean sebagai sebuah kawasan yang terintegrasi.


"Masalahnya sekarang, enam bulan jelang pakta ini diberlakukan, kita seperti terlupa untuk mempersiapkan diri. Sementara, waktu penerapannya makin dekat. Simposium ini diharapkan jadi momentum kita untuk bersiap menghadapi MEA ini," tegas Hendra.

Menyambut harapan Hendra, Ketua DPD RI Irman Gusman yang jadi keynote speach di simposium itu menegaskan, dirinya sengaja memilih hadir ke Padang, untuk memulai kesiapan menghadapi MEA ini di Indonesia dari Sumbar.

"Hari ini, saya ada agenda bersama Presiden Joko Widodo di Bandung. Menurut saya, simposium ini sangat bernilai strategis, sehingga kesempatan mendampingi presiden, tak jadi saya ikuti. Saya akan melanjutkan kesiapan MEA ini ke daerah lainnya di Indonesia. Hal ini sudah saya sampaikan ke presiden," ungkap Irman Gusman dalam orasinya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya