KPU Berpengalaman Gelar Pilkada Serentak

AI Mangindo Kayo | Senin, 23-03-2015 | 12:23 WIB | 1078 klik | Nasional
<p>KPU Berpengalaman Gelar Pilkada Serentak<p>Ketua KPU RI, Husni Kami Manik, saat menghadiri try out kurikulum Program Pendidikan Tatakelola Pemilu yang digelar di Jakarta, 2-20 Maret lalu. (foto fb husni kamil manik)

VALORAnews - Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik mengatakan, KPU memiliki pengalaman mencukupi dalam menggelar pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) secara serentak. Setidaknya, ungkap Husni, terdapat dua provinsi yang telah sukses menggelar pilkada serentak antara pemilihan gubernur dengan bupati/walikotanya pada periode sebelumnya.

"Sumbar dan Aceh, merupakan dua daerah yang pernah menggelar pilkada serentak di Indonesia ini. Pengalaman di dua daerah itu, sangat berharga untuk melaksanakan pilkada serentak di 2015 ini," ungkap Husni saat berkunjung ke Padang, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat, terang komisioner KPU Sumbar dua periode itu, pilkada langsung antara pemilihan gubernur dengan bupati/walikota telah digelar sebanyak dua kali. Yaitu pada 2005 dan 2010 lalu.


Untuk pelaksanaan 2010, terangnya, sebagaimana dikatakan Mendagri saat itu Gamawan Fauzi, merupakan pelaksanaan yang terbesar di Indonesia. Yakni terdapat sebanyak 168 pasangan calon, baik dari partai politik, gabungan partai politik maupun dari jalur perseorangan.

"Kita berharap, pilkada serentak 2015 ini, juga tidak menemukan kendala berarti. Kita mohon dukungan dari masyarakat dan seluruh stake holder terkait, demi kelancaraan pelaksanaan pilkada serentak ini," harap mahasiswa S3 Pasca Sarjana Universitas Andalas itu.

Untuk Sumbar, pada 2015 nanti terdapat 14 kepala daerah yang akan habis masa jabatannya terdiri dari gubernur/wakil gubernur, dua walikota/wakil walikota dan 11 bupati/wakil bupati.

Untuk tingkat kota yaitu Bukittinggi dan Solok. Sedangkan tingkat kabupaten yakni Padangpariaman, Agam, Pasbar, Pasaman, Limapuluh Kota, Tanahdatar, Sijunjung, Dharmasraya, Solok, Solsel dan Pessel. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Nasional lainnya