Ayo... Nikmati Sensasi Snorkeling di Pulau Kasiak

AI Mangindo Kayo | Senin, 23-03-2015 | 21:36 WIB | 3869 klik | Kota Pariaman
<p>Ayo... Nikmati Sensasi Snorkeling di Pulau Kasiak<p>Pengunjung berfoto dengan latar belakang tulisan Pulau Angso Duo. (foto zulfadli Muchtar)

VALORAnews -- Ingin mencoba snorkeling di Pulau Kasiak, Kota Pariaman? Segera lah berkunjung lalu nikmati keindahan alam laut yang tak kalah dibanding daerah lainnya di Indonesia. Akomodasinya juga tak terlalu memberatkan kantong.

"Biayanya relatif terjangkau, cukup merogoh kantong Rp150 ribu, sudah bisa menikmati perjalanan wisata yang tak akan terlupakan lengkap dengan dokumentasinya," sebut Zulfadli Muchtar didampingi rekannya Aguswanto, dua warga Kota Padang, Sumatera Barat, yang melakukan perjalanan wisata ke tempat itu, Minggu (22/3/2015), beberapa saat lalu.

Snorkeling merupakan kegiatan berenang atau mengapung di atas permukaan air laut, dengan menggunakan kacamata selam, yang dilengkapi dengan snorkel atau corong pembantu pernapasan. Peralatan lainnya yang digunakan dalam kegiatan snorkeling adalah sepatu kaki katak, baju selam atau baju ketat, agar tubuh kita tetap hangat serta terhindar dari sengatan ubur-ubur dan binatang laut lainnya.


Untuk mencapai Pulau Kasiak, pengunjung berangkat dari Pantai Gondoriah. Jika ingin dipandu guide berpengalaman disertai foto dokumentasi selama berwisata ke daerah itu, bisa menghubungi Adi, yang mangkal di RM Tepi Laut di Pantai Gondoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Berangkat dengan menggunakan kapal kayu dengan mesin tempel 10 PK. Setiap kali keberangkatan, jumlah pengunjung dipersyaratkan minimal 10 orang. Berangkat mulai pukul 09.00 WIB dengan waktu tempuh ke Pulau Kasiak selama 30 menit.

Sesampainya di Pulai Kasiak, pengunjung dibebaskan menyelam sepuas-puasnya hingga pukul 15.00 WIB. Bosan menyelam, menikmati lembutnya hamparan pasir di Pulau Kasiak, juga tak kalah menggoda. Jika ingin mengabadikan momen penting, juga tinggal bilang pada guide yang mendampingi. "Soal harga, sudah include dalam paket Rp150 ribu itu," ungkap Zulfadli Muchtar.

Menjelang sore, sekitar pukul 15.00 WIB, peserta akan diajak ke Pulau Angso Duo yang memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Pulau Kasiak. Di lokasi ini, fasilitas yang tersedia lebih variatif seperti Banana Boat, Jet Ski dan permainan air lainnya.

Bagi yang ingin berwisata sejarah, silahkah mengunjungi makam Kuburan Panjang, salah seorang murid Syeikh Burhanuddin, Ulakan Tapakis, Pariaman. Syeikh Burhanuddin merupakan salah seorang pembawa ajaran Islam ke Ranah Minang. Di sini, rombongan akan dibawa kembali ke Pantai Gondoriah, sekitar pukul 18.00 WIB.

Untuk sampai ke Pantai Gondoriah, bagi pengunjung luar provinsi Sumatera Barat yang menggunakan pesawat udara, tak perlu repot. Sesampainya di Bandara Internasional Minangkabau, bisa menumpang taksi ber-argo meter dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Bisa juga dengan menyewa minibus, dengan tarif Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

Pengunjung akan langsung di antar ke Pantai Gondoriah yang lokasinya berada di jantung kota. Untuk jadwal kembali ke Kota Padang, bisa dengan menggunakan Kereta Api (KA). Sayangnya, jadwal keberangkatan KA terakhir dari Stasiun Kota Pariaman, sekitar pukul 16.30 WIB. Masih belum matching dengan jadwal kepulangan dari perjalanan Pulau Angso Duo, sekitar pukul 18.00 WIB.

"Pada Minggu kemarin, ada sekitar 1.000 orang pengunjung yang datang menikmati perjalanan ke Pulau Kasiak dan Angso Duo. Jika promosi lebih ditingkatkan, diyakini akan semakin banyak yang datang berkunjung," ungkap Adi, salah seorang guide yang juga pemuda setempat. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kota Pariaman lainnya