Imam Masjid Penuntun ke Surga, Mahyeldi: Kualitas Bacaan Mesti Dimantapkan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 10-08-2017 | 14:40 WIB | 114 klik | Kota Padang
<p>Imam Masjid Penuntun ke Surga, Mahyeldi: Kualitas Bacaan Mesti Dimantapkan<p>Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo saat memberikan arahan pada kegiatan Pemantapan Imam Masjid dan Mushala se-Kota Padang di salah satu hotel berbintang di Padang, Rabu (9/8/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo menyebut, Imam shalat di masjid maupun mushala, merupakan penuntun umat ke surga. Sebab, imam sebagai penentu khusyuk dan berkualitasnya shalat.

Untuk itu, Pemerintah Kota Padang berharap, melalui bacaan imam yang fasih dan bagus, akan lebih memotivasi dan memberikan semangat warga untuk melaksanakan ibadah shalat secara berjemaah.

"Kita ingin memantapkan kualitas bacaan imam masjid dan mushala di Padang," ujar Mahyeldi saat membuka Pemantapan Imam Masjid dan Mushala se-Kota Padang di salah satu hotel berbintang di Padang, Rabu (9/8/2017).


Diakui Mahyeldi, selama ini Pemko Padang sedikit kurang memperhatikan imam dalam shalat berjamaah. Sementara, para imam tersebut akan memberikan jaminan, penguatan terhadap kualitas shalat para jemaah.

"Memang kita akui, selama ini perhatian terhadap imam dalam shalat sangat kurang sekali padahal imam tersebut yang menentukan kualitas ibadah para jemaah," timpal Mahyeldi.

Dijelaskannya, sejak 2015, sudah 700 orang lebih imam masjid dan mushala yang diberikan pembekalan dan pemantapan. Sementara, di tahun 2017 ini juga diberikan pemantapan sebanyak 400 orang imam.

Dia berharap, ke depannya, seluruh masjid dan mushala di Kota Padang, paling kurang ada satu orang yang akan menjadi imam. Sehingga jaminan shalat yang berkualitas akan terlaksana di masjid dan mushala.

Dengan adanya pemantapan tersebut, juga diharapkan akan adanya peningkatan keimanan dan ketaqwaan serta kekhusyukan warga dalam beribadah kepada Allah SWT. Apalagi sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Padang yakni menjadikan Padang sebagai kota religius akan semakin maksimal.

"Kita setiap pekan menggelar wirid ASN di lingkungan Pemko Padang. Selain itu pembangunan fasilitas sarana dan prasarana ibadah di tempat-tempat objek wisata juga dilakukan agar para wisatawan dalam menunaikan ibadah dapat terpenuhi," terang dia.

Sementara, Kabag Kesra Kota Padang, Jamilus mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu diikuti 100 orang perserta dengan berbagai materi dari para narasumber yang berkompeten. (rls/vri)

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya