Satuan Damkar Dilengkapi Mobil Ambulance

AI Mangindo Kayo | Kamis, 10-08-2017 | 21:26 WIB | 107 klik | Kota Padang Panjang

VALORAnews - Walikota Padangpanjang, H Hendri Arnis, dalam rapat terbatas dengan Kadis Kesehatan, Kepala BPBD, Direktur RSUD dan Kadis Pol PP Damkar di ruang kerjanya, dia memutuskan untuk menempatkan satu unit mobil ambulans untuk me-'back up' tugas operasional unit satuan Pemadan Kebakaran (Damkar) Kota Padangpanjang.

"Tugas-tugas Damkar sangat identik dengan musibah, apakah itu bencana alam, kebakaran dan kejadian lain yang membutuhkan pertolongan cepat dan segera. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan timbulnya korban manusia, baik hanya sebatas luka-luka bahkan sampai ada yang merenggut korban jiwa," urai Hendri.

"Nah, di sinilah titik simpul mengapa unit pemadam kebakaran, perlu dibarengi dengan mobil amblulans. Kita di Padangpanjang punya sarana untuk itu," terang Hendri, sembari menyebutkan dalam hal ini Damkar mesti intens berkoordinasi dengan pihak RSUD, sebagai instansi teknis kesehatan.


Ditegaskan Hendri, penempatan mobil ambulans di Dinas Pol PP dan Damkar, tidak hanya difungsikan dalam keadaan bencana semata, namun mobil ambulans ini juga diperuntukan bagi seluruh masyarakat Kota Padang Panjang yang membutuhkan pelayanan Ambulans.

"Untuk teknis operasional dan regulasinya akan kita siapkan segera. Penempatan, pengelolaan dan pengoperasionalannnya di dinas Pol PP Damkar. Kemudian pelayanan terhadap masyarakat atas kebutuhan mobil ambulans tersebut juga dikelola Dinas Pol PP Damkar, sekaligus juga disiapkan dua orang tenaga medis (perawat) khusus yang penempatan serta pembiayaanya di Pol PP damkar," jelas dia.

Dikesempatan itu, Hendri kembali mempertegas sikapnya, sepanjang hal itu menyangkut kebutuhan masyarakat banyak, mengapa tidak dilakukan. Toh, seluruh kegiatan yang dibiayai APBD Padangpanjang, sudah semestinyalah dimanfaatkan pula sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat, sepanjang aturan dan regulasi yang memayunginya mombolehkan untuk itu.

Selasa (8/8/2017), secara simbolis mobil ambulans seri terbaru tersebut diserahkan secara simbolis dari Kadis Kesehatan Nuryanuar, kepada Kadis Pol PP Damkar Arkes Revafus, yang disaksikan Hendri Arnis.

Dijelaskan Nuryanuar, mobil ambulans yang cukup canggih ini dibeli dengan APBD yang bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Kesehatan 2017. Dia mengaku, awalnya masih cukup kelimpungan memikirkan kemana mobil ambulans bantuan Kemenkes tersebut akan ditempatkan pengelolaan dan pengoperasionalannya.

Karena, menurutnya, di RSUD dan Puskesmas yang ada di Kota Padangpanjang sudah terdapat mobil ambulans yang jumlahnya sudah memadai. "Tapi untunglah, ada saja solusi dari pak wako dan arahan itu sangat pas dari segi azas manfaatnya dan itu boleh kita lakukan," ujar Pak Ujang, demikian dia karib disapa.

Sementara, Arkes Refagus mengaku, masih merasa 'ngeri-ngeri sedap' atas beban tugas baru yang didapatnya.

"Dari satu sisi saya cukup senang karena bertambah sarana kerja di instansi saya. Namun sisi lainnya saya cemas juga, karena ini merupakan amanah baru dari pak Wako yang harus saya laksanakan dengan baik, apalagi terdapat fungsi-fungsi pelayanan langsung terhadap masyarakat dengan keberadaan mobil ambulans ini," ujar Arkes. (rls/bri)

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang Panjang lainnya