FKG Unbrah Gelar BKGN ke-8

AI Mangindo Kayo | Senin, 09-10-2017 | 20:05 WIB | 58 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>FKG Unbrah Gelar BKGN ke-8<p>Walikota Padang, Mahyeldi dt Marajo menyaksikan murid SD yang dilatih soal kebersihan gigi dan mulut pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) ke-8/2017, di Pelataran Kampus FKG Unbrah, Jl Bypass KM 14 Sungai Sapih, Kuranji, Senin (9/10/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyambut positif digelarnya Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) ke-8/2017 oleh Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahmah (Unbrah).

Diketahui, kegiatan yang dikerjasamakan dengan PT Unilever Indonesia itu, dilaksanakan selama 9-11 Oktober ini, memiliki berbagai manfaat bagi masyarakat terutama dalam menyikapi dan mengatasi permasalahan penyakit gigi dan mulut.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita menyambut BKGN ke-8 FKG Unbrah ini. Karena memang, bagi masyarakat kita di Padang sangat memerlukan edukasi, pendidikan serta pembiasaan yang lebih maksimal lagi dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi," sebut Mahyeldi saat membuka kegiatan yang dilangsungkan di Pelataran Kampus FKG Unbrah, Jl Bypass KM 14 Sungai Sapih, Kuranji, Senin (9/10/2017).


Menurut Mahyeldi, kesehatan gigi dan mulut sangat penting, sehingga perlu perhatian secara serius dan sungguh-sungguh. Perlu upaya edukasi melalui pendidikan dan sosialisasi untuk mengatasi penderita gigi berlubang yang angkanya terbilang tinggi setiap tahunnya.

"Semoga melalui kegiatan ini dari tahun ke tahun akan terjadi peningkatan bagi masyarakat dalam menjaga, merawat dan memeriksakakan giginya. Sehingga, setiap masyarakat akan memiliki kesehatan gigi yang baik dan terhindar dari segala penyakitnya," imbuhnya.

Sementara, Ketua Pelaksana BKGN ke-8 FKG Unbrah, drg Andries Pascawinata menyebutkan, tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai upaya promotiv dan preventif dengan cara mengedukasi serta memberikan informasi selengkap-lengkapnya tentang pentingnya kesehatan gigi bagi masyarakat. Di samping itu membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gigi yang baik.

"Kita berharap, ini akan menjadi pemicu dan penggerak bagi masyarakat untuk meningkatkan motivasi dalam memelihara kesehatan gigi dan mulutnya, sehingga ke depannya tercapai masyarakat yang terbebas dari masalah gigi dan mulut," jelasnya.

Ditambahkannya, adapun beberapa kegiatan yang dilakukan selama 3 hari ini yaitu pemeriksaan gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, sikat gigi masal serta edukasi dan penyuluhan kesehatan gigi.

Semuanya dilakukan secara gratis bagi masyarakat, karena persyaratannya hanya membawa kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau pernyataan bersedia melakukan pemeriksaan dari orang tua bagi tingkat anak-anak.

"Jadi kegiatan ini kita lakukan tiap tahun dan kali ini yang ke delapan kalinya. Alhamdulillah, seperti biasanya antusiasme masyarakat selalu cukup tinggi. Dimana untuk saat ini sudah terdata lebih kurang sebanyak 200 peserta, dan semoga target 1000 pasien itu akan tercapai selama 3 hari ini," tukasnya.

Dalam BKGN ke-8 FKG Unbrah di 2017 tersebut, juga dilakukan aksi praktek dan kampanye cara menggosok gigi dengan baik dan benar yang melibatkan murid-murid SD selaku binaan FKG Unbrah. Setelah resmi dibuka dengan penabuhan gendang secara bersama-sama, kegiatan pun dilanjutkan peninjauan langsung ke beberapa lokasi proses pengobatan di RSGM Unbrah.

Tampak hadir dalam kesempatan itu Rektor Unbrah Musliar Kasim, Dekan FKG Unbrah Drg Okmes Fardianti, serta Marketing Brand PT Unilever, Pandu Antonius. (rls/vri)

Berita Pendidikan lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya