Ekonomi Syariah Pilihan Tepat

AI Mangindo Kayo | Kamis, 14-12-2017 | 17:33 WIB | 567 klik | Kota Padang
<p>Ekonomi Syariah Pilihan Tepat<p>Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo memberikan arahan pada acara roadshow MES yang digelar di Auditorium Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol, Kamis (14/12/2017). (humas)

VALORAnews - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pusat, memilih Kota Padang melaksanakan "Roadshow Seminar Multifinace 2017".

"Ini pilihan tepat, karena prinsip syariah sendiri sejalan dengan falsafah yang dianut masyarakat Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," kata Walikota Padang Mahyeldi Dt Marajo dalam sambutannya pada acara roadshow MES yang digelar di Auditorium Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol, Kamis (14/12/2017).

Menurut Mahyeldi yang juga Ketua MES Sumatera Barat, roadshow MES di Padang mebjadi bagian dari upaya kongkrit falsafah tersebut. Khususnya di Kota Padang, ekonomi syariah diimplementasikan melalui pembentukan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di setiap kelurahan.


Adanya 'roadshow' yang dibarengi pemberian materi, kata Mahyeldi, lebih meningkatkan kualitas KJKS yang ada dalam hal penerapan prinsip syariah.

"Karena saya lihat, peserta yang hadir adalah pengurus KJKS di Kota Padang, semoga hal ini memperkuat pemahaman syariah dalam implementasinya," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menyebut, dalam implementasi syariah pada KJKS masih perlu penyempurnaan. Hal ini perlu dipelajari lebih jauh agar sesuai dengan prinsip syariah itu sendiri.

"KJKS masih perlu penyempurnaan dalam hal prinsip syariahnya," sebut Mahyeldi.

Dia juga mengajak semua komponen pelaku ekonomi syariah, agar menyatakan dengan tegas bahwa ekonomi syariah adalah yang paling cocok diterapkan di Indonesia khususnya Sumatera Barat yang berfalsafah ABS-SBK.

Alasannya tepat dan sesuai dengan UU yang menyatakan Indonesia disamping menerapkan ekonomi konvensional juga mengakomodir ekonomi syariah.

"Melalui komponen pelaku syariah, seharusnya kita dengan tegas menyatakan ekonomi syariah adalah yang paling cocok di Indonesia," katanya.

Pada kesempatan ini juga hadir perwakilan UIN Imam Bonjol Padang yang juga menyampaikan hal senada. Penguatan prinsip syariah harus semakin diperjelas dalam implementasinya karena memang yang paling tepat untuk Sumatera Barat yang memegang falsafah ABS-SBK.

MES Sumatera Barat menandatangani MoU dengan UIN IB dalam penerapan prinsip syariah dan pembinaan bagi KJKS. (rls/vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Perempuan lainnya
Berita Kota Padang lainnya