Pengurus Kwarcab Pramuka Padang Dikukuhkan

AI Mangindo Kayo | Selasa, 09-01-2018 | 15:17 WIB | 241 klik | Kota Padang
<p>Pengurus Kwarcab Pramuka Padang Dikukuhkan<p>Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo melantik Asnel (Sekda Padang) sebagai Ketua Kwarcab (Kakwarcab) Padang, Selasa (8/1/2017). Ketua Harian Kwarcab Padang dijabat H Maigus Nasir dengan 57 pengurus lainnya. (humas)

VALORAnews - Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padang masa bakti 2017-2002, dilantik dan dikukuhkan Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo di Gedung Serbaguna Bagindo Aziz Chan Balaikota, Selasa (9/1/2017).

Pengukuhan ini juga dihadiri Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Sumbar Yulius, anggota DPRD Padang, Iswandi Muchtar serta lainnya. Sekda Padang, H Asnel masih dipercaya menjabat Ketua Kwarcab (Kakwarcab) dengan Ketua Harian H Maigus Nasir beserta 57 pengurus lainnya.

Pelantikan ini menyusul berakhirnya kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang masa bakti 2012-2017. Lalu, dilakukan Musyawarah Cabang (Muscab) pada 15 Oktober 2017 lalu dengan melahirkan pengurus Kwarcab masa bakti 2017-2022.


Mahyeldi menyampaikan, gerakan pramuka memiliki peranan besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda guna menghadapi berbagai tantangan perkembangan kehidupan di masa depan.

"Apabila sistem dan nilai-nilai di dalamnya berhasil kita terapkan, bukan saja berdampak positif dalam pembentukan watak dan karakter anak bangsa. Namun tentu juga berkontribusi dalam membantu mengatasi berbagai masalah kaum muda," papar Mahyeldi.

Ketua Majelis Pembina Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Padang itu menyebutkan, ada tujuh pemikiran dasar dari revitalisasi gerakan pramuka yang penting dan harus dilaksanakan setiap Pengurus Gerakan Pramuka. Pertama yaitu perkuat Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa.

Kedua meraih keberhasilan melalui kerja keras secara cerdas dan ikhlas, ketiga mengajak kaum muda meningkatkan semangat bela negara. Selanjutnya mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya, kokohkan persatuan dan kesatuan serta mengamalkan Satya dan Darma Pramuka.

"Keberhasilan dalam mengamalkan Satya dan Darma Pramuka buka saja penting bagi Gerakan Pramuka, tetapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara. Karena memang, Satya dan Darma Pramuka merupakan nilai-nilai dasar yang harus dimiliki setiap anggota pramuka," katanya.

Untuk itu, Mahyeldi menyerukan, kepada seluruh pengurus Gerakan Pramuka di Kota Padang untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Saya berharap, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang yang dilantik pada kesempatan ini, melalui Rapat Kerja (Raker) nanti hendaknya dapat melahirkan program kerja dan kegiatan yang betul-betul bermanfaat bagi kemajuan pramuka di Kota Padang. Sehingga bermuara terhadap pembentukan karakter generasi muda yang tangguh, ulet, disiplin dan bersemangat mendorong kemajuan pembangunan Padang ke depan," tukasnya. (rls/vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya