Serambi Derby 2015 Meriah

Hendra: Gelanggang Bancah Laweh Perlu Ditingkatkan

AI Mangindo Kayo | Minggu, 29-03-2015 | 12:27 WIB | 2086 klik | Kota Padang Panjang
<p>Hendra: Gelanggang Bancah Laweh Perlu Ditingkatkan<p>Serambi Derby 2015 Meriah Hendra: Gelanggang Bancah Laweh Perlu Ditingkatkan

VALORAnews - Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menilai, kondisi gelanggang pacuan kuda Bancah Laweh Padangpanjang, perlu ditingkatkan. Sehingga, bisa digunakan untuk iven pacu kuda berskala nasional bahkan internasional.

"Kita akan mencoba memperjuangkannya melalui anggaran provinsi. Mudah-mudahan pada Serambi Derby berikutnya, bisa lebih megah dan menarik," ungkap Hendra, saat membuka Pacukuda Serambi Derby 2015 di Padangpanjang, Minggu (29/3/2015) sebagaimana relis yang diterima redaksi.

Alek pacu kuda ini berlangsung dua hari, Minggu dan Senin (29-30/3/2015). Setelah tak digelar sejak 2012 lalu, alek pacu kuda kali ini terlihat meriah. Pengunjung juga berjubelan.


Hadir pada kesempatan itu Walikota Padangpanjang, H Hendri Arnis, Ketua TP PKK Ny Hj Maria Hendri Arnis, Ketua DPRD Padangpanjang Asril Kasoema, Dirut Bank Nagari (BPDSumbar) Suryadi Asmi, Muspida beserta Pimpinan SKPD Kota Padangpanjang.

Sementara, Hendri Arnis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, terlaksananya pacu kuda Serambi Derby 2015 ini.

"Pemko Padangpanjang dari lubuk hati yang dalam, mengucapkan terimakasih kepada sponsor, panitia dan semua pihak lainnya yang terlibat demi suksesnya acara ini, terutama dari kalangan Ninik Mamak Nagari Gunuang, Bukik Surungan dan Lareh Nan Panjang," katanya.

Pada kesempatan lain, Kabag Humas Pemko Padangpanjang, Ampera Salimmengatakan, pacuan kali ini akan memperlombakan 15 kelas, yang terdiri atas 31 race dan dibagi dalam berbagai klasifikasi dan kelompok umur.

Klasifikasi dan kelompok umurnya yakni Kelas AB (kuda tinggi di atas 154 cm), kelas C (149-152,9 cm), kelas D (144-148,9 cm), dan paling bawah kelas E dengan kuda tinggi di bawah 144 cm. Sedangkan kelompok umurnya 2 tahun, 3 tahun dan terbuka (open).

"Sebagai puncak lomba yaitu kelas boko (1 race) dengan jarak 1.600 meter. Race ini akan digelar di hari kedua dan diikuti 6 kuda terbaik Sumbar, yakni Putra Ngalau, Zero Star, Black Nov, Minang Saiyo, Sinar Taeh dan Jaka Biaro," katanya sambil menyebutkan total kuda yang akan berlomba 71 ekor.

Disebutkan, penyelenggara berharap perhelatan anak nagari ini, dapat diramaikan oleh warga sekitar Padangpanjang. Begitu juga sekaligus mengundang masyarakat daerah lain untuk menyukseskan pacu kuda ini. Untuk itu panitia minta partisipasi dari penonton Rp5.000 per orang dari karcis masuk.

"Bukan sekadar kuda berpacu yang kita target untuk sukses. Tapi bagaimana orang bisa datang beramai ramai ke Padang Panjang," katanya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang Panjang lainnya