Isi Perut Isi Otak ala Sikola Cafe

AI Mangindo Kayo | Kamis, 01-03-2018 | 22:25 WIB | 852 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Isi Perut Isi Otak ala Sikola Cafe<p>Sejumlah alumni Universitas Andalas, Padang, berdiskusi santai di Sikola Cafe, Jl KIS Mangunsarkoro, Padang, beberapa waktu lalu.

VALORAnews - Isi Perut, Isi Otak jadi tagline Sikola Cafe yang beralamat di Jl KIS Mangunsarkoro No 11 Padang. Tagline ini berkaitan dengan konsep cafe yang memadukan antara perpustakaan dengan warung kopi.

"Saat ini ada sekitar seratusan koleksi buku di Sikola Cafe yang berasal dari para donatur. Genrenya pun beragam, dari fiksi hingga non fiksi. Teman-teman yang ikut donasi buku juga bisa menikmati menu di Sikola Cafe secara gratis," ungkap pemilik cafe, Satria Putra (27), Kamis (1/3/2018).

Tempat nongkrong yang dilengkapi fasilitas WiFi gratis ini, dikelola Satria Putra bersama Matur Prasojo (29). Satria yang merupakan alumni FIB Unand, dapat fasilitasi dari DPP IKA Unand, untuk mengembangkan konsep unik ini. Sehingga diberi kesempatan untuk berjualan di lokasi yang merupakan kantor pusat pengurus alumni Unand.


Menurut Satria, usaha yang dirintisnya ini, sengaja diberi nama Sikola Cafe, yang bermakna ganda. Pertama kata "Sikola" dalam bahasa Minangkabau berarti "sekolah" sehingga "Sikola Cafe" ini selain sebagai tempat makan minum juga sebagai tempat belajar dan memupuk literasi. Arti kedua, kata "sikola" juga bermakna ajakan.

Tak mengherankan, tempat nongkrong ini, menyediakan beragam buku untuk dibaca secara gratis sembari mencicipi aneka kuliner yang tersedia.

Satria menyebutkan, menu andalan di Sikola Cafe adalah kopi. Karena, minuman jenis ini banyak digemari orang-orang. Kopi unggulannya adalah Kopi Sago asli Payakumbuh, yang belakangan ramai diperbincangkan karena sudah memasuki pasar internasional.

Selain itu, juga menyediakan kawa daun yang disajikan ke konsumen, dengan menggunakan batok kelapa. Juga ada kopi herbal yang diproduksi PT HPAI yakni HPAI Coffee dan Kopi Seven Elemen. Bagi penyuka teh, juga tersedia aneka teh keluaran PT HPAI seperti Teh Centela, Janna Tea Hot maupun Cold.

Kopi ini tersedia dalam rasa original dan beberapa rasa lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp6.000 sampai Rp10.000. Selain kopi, juga tersedia sejumlah minuman lainnya seperti milkshake, jus buah, teh talua, serta makanan berat dan cemilan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp2.000 hingga Rp12.000.

"Selain tempat makan minum sambil baca buku, kami juga menyediakan ruang diskusi," terang Satria.

"Tak ketinggalan, setiap yang berulangtahun bisa menikmati satu jenis menu makanan atau minuman di Sikola Cafe secara gratis. Kita juga akan menggratiskan satu jenis menu makanan atau minuman bagi mahasiswa/i yang apabila karya tulisnya dimuat di media lokal maupun media nasional," tambah Satria. (skm)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya