Irfendi Ajak Wujudkan Pilwanag Badunsanak

AI Mangindo Kayo | Jumat, 09-03-2018 | 07:39 WIB | 201 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Irfendi Ajak Wujudkan Pilwanag Badunsanak<p>Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi memantau pelaksanaan tahapan Pilwanag di Nagari Andaleh, baru-baru ini. (humas)

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi mengajak semua pihak, ikut menyukseskan pemilihan wali nagari (Pilwanag) secara serentak yang akan dilaksanakan 25 Maret 2018. Ia berharap, pesta demokrasi itu berjalan baik dan tidak merusak persatuan serta kesatuan di tengah masyarakat.

"Kita ingin pelaksanaan Pilwanag yang direncanakan dalam waktu dekat ini berjalan dengan baik, tertib, lancar dan aman. Kita mengimbau semua pihak untuk sama-sama menciptakan Pilwanag yang damai," tutur Irfendi ketika memantau tahapan Pilwanag di Nagari Andaleh, Kecamatan Luak, baru-baru ini.

Dikatakan, Pilwanag yang bakal digelar dua pekan mendatang itu merupakan salah satu agenda penting pemerintah daerah yang harus disukseskan. Masyarakat diharapkan benar-benar menggunakan hak pilihnya sekaligus ikut menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi tersebut.


"Pilwanag ini adalah tangung jawab kita bersama. Pesta demokrasi itu harus berjalan lancar dalam nuansa badunsanak dan jangan sampai diwarnai konflik," ujar Irfendi.

Menurutnya, konflik bisa saja muncul dengan berbagai trik. Salah satunya dengan memunculkan hoaks atau berita bohong yang menyudutkan atau menjelek-jelekan calon tertentu, atau pratek curang dan kampanye hitam lainnya.

"Media sosial dewasa ini semakin banyak digunakan buat menyebarkan hoax. Kita tentu tidak ingin Pilwanag yang akan dilaksanakan nantinya juga diwarnai berita-berita bohong tersebut," tutur Irfendi.

Begitu juga terhadap pihak panitia, Irfendi berharap, siap melaksanakan semua tahapan pesta demokrasi itu sesuai rencanakan. Sementara kepada calon wali nagari yang akan bersaing dalam Pilwanag tersebut, harus komit untuk menciptakan pemilihan yang badunsanak.

Tak kalah pentingnya, lanjut Irfendi, Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait juga harus menggencarkan sosialisasi tentang Pilwanag ini ke tengah masyarakat, agar masyarakat dan calon walinagarinya memahami semua peraturan terkait dengan pesta demokrasi tersebut.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, Usman menyebut, Pilwanag itu bakal digelar di sembilan nagari di lima kecamatan yang masing-masingnya, Nagari Muaro Paiti dan Gelugur Kecamatan Kapur IX, Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan.

Kemudian, Nagari Guguak VIII Koto, VII Koto Talago dan Sungai Talang Kecamatan Guguak, nagari Andaleh Kecamatan Luak dan Nagari Situjuah Batur dan Situjuah Tungka Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Dikatakan Usman, saat ini proses Pilwanag itu sudah berada pada tahap melengkapi administrasi bakal calon. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Lima Puluh Kota lainnya