Butuh 2500 Butir Durian per Hari

Durian Situjuah Diekspor ke Cina

AI Mangindo Kayo | Jumat, 09-03-2018 | 07:58 WIB | 368 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Durian Situjuah Diekspor ke Cina<p>Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat mengunjungi Hariusman, warga Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang jadi pengekspor durian ke Negara Cina, baru-baru ini. (humas)

VALORAnews - Meningkatnya potensi durian untuk diekspor ke Negara China, dijadikan peluang bagi Hariusman, warga Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Dia kini tercatat sebagai salah satu pengekspor durian ke Negara Tirai Bambu tersebut. Tak tangung-tangung, dalam sehari. Dia harus mencari ribuan buah durian sebagai kebutuhan ekspor.

"Dalam sehari itu kita harus mencari 2500 buah durian untuk di ekspor, kebanyakan durian yang kita kirim ini, merupakan durian asal Situjuah ditambah dengan durian-durian lainnya di Limapuluh Kota," ujar pria yang akrab disapa Ijup ini, ketika dikunjungi Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, baru-baru ini.

Dikatakan, durian yang diekspor ke negara Cina ini bukanlah bentuk durian yang utuh, namun diolah dan dikemas dalam bentuk beku terlebih dulu. "Di sini kita olah dulu. Kita kupas isinya dan di-packing dalam kemasan. Setelah semuanya jadi, kita kirim ke salah satu perusahaan di Medan dan dari sanalah durian ini di ekspor ke Cina," sebutnya.


Menurutnya, untuk kebutuhan pengiriman itu, dirinya harus mengirim seminggu sekali ke Sumatera Utara, dalam satu kali pengiriman ini dia harus bisa menyuplai 2 ton durian kupas. "Demi mencukupi kebutuhan tersebut, kita harus mengerjakan 40 orang pekerja dalam sehari. Untuk Pekerja kita berdayakan warga sekitar," sebutnya.

Selain memanfaatkan isi durian, Hariusman juga bisa memanfaatkan kulit durian hasil kupasannya sebagai pengahasilan tambahan. Menurutnya, kulit durian hasil kupasan itu juga bisa dijual ke pengepul.

"Umumnya kulit-kuliat durian ini dijadikan sebagai bahan pupuk organik, dalam satu karung kulit durian dihargai Rp30 ribu, untuk kulit juga kita kirim ke Medan," tambahnya.

Katanya, jarang orang berfikiran bahwa kulit buah yang satu ini bisa ada manfaatnya, padahal pupuk organik dari kulit durian ini cukup baik. Sebab memiliki serat yang banyak sehingga bagus dalam meresap air.

"Masih banyak lagi manfaat dan kegunaan kulit durian ini, jadi untuk satu buah durian itu bisa dimanfaatkan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika menjau usaha Hariusman, mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukannya. Selain berhasil mengenalkan produk unggulan Kabupaten Limapuluh Kota keluarga negeri, dia juga menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat di sekitarnya.

"Dengan adanya usaha seperti ini, tentunya akan menambah penghasilan bagi warga sekitar, apalagi durian yang kita ekspor tersebut merupakan hasil pribumi Limapuluh Kota," ujarnya.

Dia berharap kedepan, pelaku UMKM terus meningkatkan kualitas produk sehingga memiliki daya saing di pasaran dan bisa jadi wirausaha yang tangguh dan mandiri.

"Kita yakin, Limapuluh Kota memiliki hasil produk-produk yang layak dipasarkan, bahkan bisa menembus pasar internasional seperti ini, sebagai pemerintah kita akan terus mengoptimalkan peran pelaku UMKM di Kabupaten Limapuluh Kota," pungkasnya. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kab. Lima Puluh Kota lainnya