Siswa SMAN 5 Solsel Dikenalkan Pentingnya Keselamatan Berkendara

AI Mangindo Kayo | Senin, 12-03-2018 | 18:25 WIB | 466 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Siswa SMAN 5 Solsel Dikenalkan Pentingnya Keselamatan Berkendara<p>Komandan Pos Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Muara Labuh, Bripka Firmansyah berfoto bersama pelajar SMA 5 Solok Selatan usai memberikan sosilisai keselamatan berkendara, Senin (12/3/2018). (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Pos Satuan Lalu Lintas Muara Labuh, Solok Selatan, gelar sosialisasi keselamatan berkendara di SMA 5 Solok Selatan, di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Senin (12/3/2018). Kegiatan yang diikuti ratusan pelajar SMA dan guru ini, berlangsung usai upacara bendera pada pukul 07.30 WIB.

Komandan Pos Satlantas Muara Labuh, Bripka Firmansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Operasi Keselamatan yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 25 Maret 2018.

"Sasaran dari operasi ini memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan keselamatan berkendara dijalan umum. Sehingga, dapat menekan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan di jalan raya," ujar pria berbadan tegap alumni SMA 3 Padang (Ikasmanthree).


Menurutnya, pada operasi keselamatan ini, Satlantas lebih cendrung untuk melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terhadap pengendara. Namun, untuk tindakan dilakukan jika memang terbukti melakukan kesalahan yang fatal.

"Jika dipersentasekan sosialisasi diberikan sekitar 80 persen dan 20 persen merupakan tindakan. Ini dititikberatkan kepada pelanggaran kasat mata," jelasnya.

Alasan dipilihnya sekolah sebagai sarana sosilisasi, rata-rata para pelajar ini merupakan pengendara pemula yang hampir keseluruhan belum mengetahui aturan, rambu-rambu, serta tata tertib berkendara dijalan raya.

"Ini merupakan tanggung jawab kita selaku petugas untuk memberikan pemahaman kepada mereka. Sehingga, mereka bisa memahami keselamatan berkendara sedari dini," ungkapnya.

Selain itu, para pelajar ini diwajibkan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi mereka yang cukup umur. Dan wajib memasang kelengkapan kendaraannya sesuai pabrikan.

"Khusus pelajar, sesuai kesepakan Polres Solok Selatan dengan sekolah. Memberikan toleransi bagi pelajar setingkat SMA untuk membawa kendaraan ke sekolah kendati mereka belum cukup umur untuk melakukan pengurusan SIM," katanya.

Hal ini diberikan toleransi, dengan alasan di Solok Selatan tidak memiliki angkutan umum. Namun, toleransi ini diberikan hanya saat jam sekolah serta wajib melengkapi kendaraannya. Seperti, STNK, kelengkapan spion, knalpot standar, helm dan kelengkapan surat keterang dari pihak sekolah.

"Jika tidak mentaati aturan yang disepakati. Kita berlakukan tindakan sesuai prosedur hukum yang berlaku," jelasnya.

Diharapkan, dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi ini secara inten, akan berdampak baik bagi para pengendara di Solok Selatan ini. Agar bisa menekan pelanggaran lalu lintas. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya