KNPI Berniat Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

AI Mangindo Kayo | Selasa, 31-03-2015 | 13:51 WIB | 1357 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>KNPI Berniat Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula<p> KNPI Berniat Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

VALORAnews - Ketua KNPI Sumbar, Defika Yufiandra menilai, potensi pemilih pemula di Sumbar pada pemilu kepala daerah (pilkada) 2015 ini, mencapai angka 30 persen dari jumlah penduduk Sumbar. Sayangnya, partisipasi generasi penerus bangsa ini masih minim.

"Minimnya partisipasi pemilih pemula pada proses pemilihan umum legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 lalu, lebih disebabkan masih kurangnya minat mereka (pemilih pemula-red) memberikan hak politiknya dengan datang ke TPS," ungkap Defika yang karib disapa Adek.

Mengantisipasi agar partisipasi pemilih pemula tidak berkurang pada pilkada 2015 nanti, terangnya, KNPI Sumbar selaku induk organisasi OKP dan Ormas tingkat Sumbar, akan melakukan kerjasama (MoU) dengan KPU Sumbar khususnya Divisi Sosialisasi demi terjadinya peningkatan partisipasi pemilih pemula.


"MoU yang akan kami buat dalam waktu dekat ini, untuk menjembatani upaya KPU memberi pemahaman pada pemilih pemula, supaya mereka menggunakan hak pilihnya pada pilkada nanti," jelas Adek.

Di antara skema MoU yang dibuat, lanjut Adek, yakni buat iven pemilu menarik bagi pemilih pemula. Iven yang dibuat bisa saja berupa ajakan melalui media sosial atau juga mendatangi para pemilih pemula ke lokasi sekolah atau kampus mereka bersama KPUSumbar.

"Ada juga cara mengajak komunitas siswa dan mahasiswa untuk peka terhadap pemilu," paparnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya