Inilah Profil Singkat Sembilan Calon Sekretaris KPU Sumbar

AI Mangindo Kayo | Selasa, 11-08-2015 | 12:30 WIB | 2093 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Inilah Profil Singkat Sembilan Calon Sekretaris KPU Sumbar<p>Ilustrasi.

VALORAnews -- Sembilan orang calon sekretaris KPU Sumbar, lima orang di antaranya pernah atau masih berkecimpung dengan aktivitas kepemiluan. Lainnya, merupakan akademisi dari UNP hingga birokrat yang matang di dunia pemerintahan.

"Sekretaris itu adalah seorang kepala staf. Kompetensi yang diharapkan dari calon sekretaris, memiliki kemampuan di bidang SDM, manajemen sarana dan prasarana serta manajemen keuangan. Itu lah kriteria utama yang akan kita nilai dari sembilan calon tersebut di samping sejumlah indikator pendukung lainnya," ungkap Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon sekretaris KPU Sumbar, Sufyarma Marsidin.

Berikut profil singkat sembilan calon tersebut.


1. Ifrah

Megister administrasi pendidikan ini, kini tengah menjabat sebagai Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak pada BPM KB Setdaprov Sumbar. Pria kelahiran Pekanbaru ini, merupakan birokrat yang berpengalaman di bidang kepemerintahan. Pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Tk I/IV.b.

2. Eliyusman

Sekretaris BPBD Sumbar ini, sebelumnya pernah menjabat posisi setingkat eselon III di KPU Sumbar. Pangkat dan golongan terakhir Eliyusman yang kelahiran Agam ini yakni Pembina Tk I/IV.b. Sebelum di BPBD, Ellyusman yang berpendidikan terakhir S2 Manajemen ini, juga pernah berkarir sebagai pejabat eselon III di Biro Asset Setdaprov Sumbar.

3. Nazwir

Kepala Badan Kepegawaian Setdakab Pessel ini, Pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Utama Muda/IV.c. Pria kelahiran Sijunjung ini, merupakan alumni S2 Megister Humaniora.

4. Emirda Ziswati

Wanita kelahiran Pamuatan ini, merupakan satu-satunya perempuan dalam persaingan kursi calon sekretaris KPU Sumbar. Alumni S2 Manajemen ini tengah menjabat sebagai kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Setdakab Pessel. Pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Utama Muda/IV.c.

5. Supriyanto

Mantan sekretaris KPU Pessel ini, kini tengah menjabat sebagai sekretaris Inspektorat Setdakab Pessel. Alumni S2 Megister Sains kelahiran Ponorogo ini, pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Tk I/IV.b.

6. Agus Catur Rianto

Alumni S2 Hukum Internasional ini, pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Tk I/IV.b.

Pria kelahiran Surakarta ini, telah cukup lama menjabat sebagai kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumbar.

7. Firman

Kabag Program, Data, Organisasi dan SDM KPU Sumbar ini, merupakan alumni S2 Megister Sain dengan pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Tk I/IV.b. Pria kelahiran Tanjung Pinang yang disiplin waktu ini, kini tengah dipercaya jadi Plt Sekretaris KPU Padang.

8. Djunardi

Mantan sekretaris KPU Padang ini, kini tengah menjabat sebagai Kabid Kepemudaan pada Dispora Setdako Padang. Pangkat dan golongan terakhirnya yaitu Pembina Tk I/IV.b sekaligus almuni S2 Manajemen.

9. Dasman Lanin

Mantan calon wakil gubernur pada pilkada 2005 lalu ini, merupakan dosen dengan jabatan Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara. Pria kelahiran Suka Menanti Pasaman ini, pangkat dan golongan terakhirnya Pembina Utama Madya/IV.d

Kesembilan orang ini akan mengikuti ujian yang digelar selama tiga hari yaitu dari 18-20 Agustus 2015, di lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan UNP. Ujian dilanjutkan pada hari selanjutnya dengan materi test psikologi. Setelah itu, mengikuti wawancara yang dilakukan tim pansel yang beranggotakan lima orang. (Baca: 9 ASN Berebut Kursi Sekretaris KPU Sumbar)

Selain Sufyarma sebagai ketua, pansel lainnya adalah Khairul Fahmi (akademisi Unand/sekretaris pansel), Fikon dan Nurhaida Yetti (komisioner KPU Sumbar) serta Jayadisman (kepala BKD Sumbar). (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya