Sidang Sengketa KAN Sicincin Ditunda

AI Mangindo Kayo | Selasa, 11-08-2015 | 15:03 WIB | 1022 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Sidang Sengketa KAN Sicincin Ditunda<p>Sidang perdana, sengketa informasi di Komisi Informasi (KI) Sumbar, Selasa (11/8/2015) ditunda dikarenakan termohon dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sicincin tidak hadir. Majelis sidang ini y akni Ketua Sondri BS dengan Syamsu Rizal dan Yurnaldi sebagai anggota. (istimewa)

VALORAnews - Sidang sengketa informasi di Komisi Informasi (KI) Sumbar, terpaksa ditunda dikarenakan termohon dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sicincin, tidak hadir.

"Sidang kita tunda minggu depan karena termohon tidak hadir di sidang pertama ini," ujar Ketua Majelis Komisioner KI Sumbar, Sondri, Selasa (11/8/2015) di Padang.

Menurut Sondri, dalam beracara sengketa informasi di Komisi Informasi, ada aturan yang mewajibkan pemohon dan termohon melakukan mediasi.


"Kalau termohon tidak hadir bagaimana majelis komisioner memerintah mediasi, jika pada sidang kedua pihak termohon tidak hadir maka sidang kita lanjutkan tanpa melalui proses mediasi," ujar Sondri usai penundaan sidang tersebut.

Perkara sengketa informasi dengan Register No 007/VII/KISB-PS/2015 dimohonkan oleh Darusalim, terhadap termohon badan publik KAN Sicincin.

Sidang perdana, dengan majelis komisioner Ketua Sondri, Syamsu Rizal dan Yurnaldi, anggota majelis mediator Arfitriati.

"Sengketa informasi terkait persoalan informasi pembuatan surat alas hak yang diterbitkan oleh KAN Sicincin," ujar Panitera Pengganti Ade Faulina.

Menurut Darusalim, surat itu penting dalam rangka penerbitan sertifikat tanah.

"Surat alas hak harus didahului risalah KAN Sicincin, termasuk syarat pembiayaan 2,5 persen dari harga jual tanah, dasarnya apa? Bagaimana risalah rapat, sehingga bisa lahir keputusan untuk membuat dasar pembiayaan tersebut," ujar Darusalim. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya