Wartawan Sumbar Dikenalkan P2KP

AI Mangindo Kayo | Kamis, 20-08-2015 | 10:40 WIB | 1768 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Wartawan Sumbar Dikenalkan P2KP<p>Team Leader Konsultan Managemen Wilayah P2KP Sumbar, Afriadi, memberikan materi pada workshop media P2KP Sumbar, Kamis (20/8/2015) di Padang. (istimewa)

VALORAnews - Team Leader Konsultan Manajemen Wilayah Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) Sumbar, Afriadi mengatakan, kegiatan P2KP yang merupakan transformasi PNPM-MP, akan digelar di empat kabupaten dan tujuh kota di Sumbar.

"Jumlah lokasi kegiatan P2KP di Sumbar itu yakni di 355 nagari/kelurahan. Seluruh kelurahan di tujuh kota yang ada di Sumbar itu, merupakan lokasi pelaksanaan P2KP. Sedangkan di kabupaten, hanya di satu kecamatan saja," ungkap Afriadi dalam workshop media P2KP Sumbar, Kamis (20/8/2015).

Workshop media ini diikuti 20 orang terdiri dari 13 wartawan utusan dari sejumlah media cetak, elektronik dan siber di Sumbar. Sisanya, dari konsultan, tenaga pendamping dan Dinas Prasjal Tarkim Sumbar.


Dikatakan Afriadi, di Padangpariaman dipusatkan di kecamatan Lubukalung, Agam (Banuhampu), Limapuluh Kota (kecamatan Payakumbuh) dan Sijunjung (kecamatan Sijunjung).

Untuk kota, seluruh kelurahan merupakan sasaran P2KP. Yaitu Padang, Pariaman, Padangpanjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Sawahlunto dan Solok. "Pada prinsipnya, P2KP merupakan kelanjutan dari program PNPM cuma berbeda pada kelompok sasarannya," ungkap Afriadi.

Jika pada PNPM menjadikan warga PS2 (warga miskin-red) sebagai sasaran program, maka dalam P2KP yang jadi titik tolak itu adalah kawasan kumuh.

"Target akhirnya nanti adalah terwujudnya target 100 persen akses air minum, 0 persen luas kawasan kumuh perkotaan dan 100 persen akses sanitasi (100-0-100). Orientasi kita sekarang ini adalah kebutuhan warga, bukan lagi keinginan masyarakat demi pencapaian target ini," terang Afriadi. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya