Penumpang dari CGK Teridentifikasi Positif Covid19 di BIM, Yos: Kemungkinan Besar OTG

AI Mangindo Kayo | Minggu, 07-06-2020 | 20:44 WIB | 222 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Penumpang dari CGK Teridentifikasi Positif Covid19 di BIM, Yos: Kemungkinan Besar OTG<p>Executive GM PT Angkasa Pura II (Persero) KC BIM, Yos Suwagiyono memberikan keterangan pers tentang seorang penumpang yang dinyatakan positif Covid19, Ahad (7/6/2020) di Pelataran OIC BIM. (humas ap2 kc bim)

VALORAnews - Executive GM PT Angkasa Pura II (Persero) KC BIM, Yos Suwagiyono memastikan, untuk keberangkatan dan kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau, diberlakukan pemeriksaan terhadap seluruh calon penumpang dan penumpang yang datang.

"Kebijakan ini, membuat tidak sedikit penumpang yang mau berangkat terpaksa membatalkan keberangkatannya karena persyaratan yang mereka miliki tidak memenuhi ketentuan yang berlaku," ungkap Yos dalam keterangan persnya, Ahad (7/6/2020) di Pelataran OIC BIM.

Pernyataan ini disampaikan Bang Yos, demikian dia karib disapa, menilik kasus yang baru terjadi, seorang penumpang teridentifikasi positif Cov19 di BIM, pascakedatangannya dari CGK pada 3 Juni 2020.


Menurut dia, secara prosedur, yang bersangkutan sejak keberangkatan sampai kedatangannya di BIM, telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan sesuai Protocol Cov19 untuk Bidang Jasa Transportasi Bandara.

"Yang bersangkutan berangkat melalui CGK. Di sana, pemeriksaan dilakukan berlapis. Sampai dengan kedatangan di BIM, masih di cek kelengkapan dokumennya. Penumpang sendiri, selama di pesawat wajib menggunakan APD level 1. Sehingga, kemungkinan besar, penumpang yang terpapar Cov19 kemaren bisa dikategorikan sebagai OTG (orang tanpa gejala)," jelas Bang Yos.

Di pesawat udara sendiri, ungkap Bang Yos, sesuai tatanan kondisi Cov19 saat ini, semua pesawat udara telah dilengkapi dengan HEPA (High Efficiency Particulate Air) filters on modern aircraft clean cabin air to operating theatre quality, further assisted by high levels of fresh air circulation.

HEPA bekerja melakukan penyaringan partikular udara, sehingga udara di kabin pesawat menjadi bersih. Dalam arti kata, di kabin pesawat untuk penyebaran virus sangat kecil kemungkinannya terjadi. Dengan begitu, kemungkinan penumpang terpapar virus di pesawat udara sangat kecil terjadi melalui udara.

"Sampai saat ini, Tim Satgas Cov19 yang bertugas di BIM sudah bekerja dengan baik dan sangat maksimal. Mungkin kedepannya, perlu ditingkatkan koordinasi dengan seluruh stake holder dan pemangku kepentingan terkait Cov19 ini," urai Bang Yos untuk antisipasi kedepannya, tak lagi terjadi penumpang positif bisa berangkat ke tempat tujuan dengan pesawat udara.

Untuk di area kedatangan di BIM, tegas Bang Yos, Tim Satgas Cov19 BIM yang bekerja atas SK dari Gubernur Sumbar, juga melakukan pemeriksaan bagi penumpang yang datang. Mulai dari dokumen pribadi sampai dengan melakukan PCR/Swab Test di Area Kedatangan BIM.

Dokumen Bisa Diurus Daring

Untuk kemudahan pemeriksaan dokumen keberangkatan domestik penumpang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, penumpang bisa mengunggah dokumen persyaratan melalui aplikasi Travelation dengan mengakses: https://travelation.angkasapura2.co.id.

Adapun dokumen yang wajib disiapkan cakon penumpang selain tiket adalah sebagai berikut:

  • 1. Surat PCR test/ Rapid Test dgn hasil NEGATIF, dgn masa berlaku 3 hari (rapid test) & 7 hari (PCR test) setelah tanggal test dikeluarkan. Bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Rapid Test/PCR Test diperbolehkan menggunakan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan dokter RS/Puskesmas.
  • 2. Khusus perjalanan keluar masuk wilayah Jakarta, agar melengkapi dengan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Info detail SIKM, mohon kunjungi situs corona.jakarta.go.id atau http://bit.ly/SIKMJABODETABEK
  • 3. Surat pernyataan perjalanan yang dapat didownload di bit.ly/SuratPernyataanPerjalananGA
  • 4. Surat persyaratan pendukung perjalanan dari lembaga atau instansi terkait. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya