Panorama Bukit Gadang di Salimpaung Dikembangkan jadi Spot Paralayang

AI Mangindo Kayo | Minggu, 21-06-2020 | 18:51 WIB | 335 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Panorama Bukit Gadang di Salimpaung Dikembangkan jadi Spot Paralayang<p>Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma bersama sejumlah atlet paralayang, foto bersama di Panorama Bukit Gadang, di Jorong Nan IX, Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Ahad (21/6/2020). Destinasi wisata baru ini, digagas pemuda dan didukung penuh wali nagari, wali jorong dan ninik mamak. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Pemuda bersama masyarakat Jorong Nan IX, Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, beberapa tahun terakhir mulai mengembangkan Panorama Bukit Gadang sebagai salah satu objek wisata baru di Tanahdatar.

Menawarkan spot-spot menyaksikan sebagian wilayah Tanahdatar dari berbagai arah dengan hamparan sawah, bukit, deretan bangunan membuat yang menyaksikannya merasa puas dan lega, seolah terbayar lunas perjuangan menuju puncak bukit yang menanjak dan berliku.

Masyarakat sangat antusias, tua muda, laki-laki atau perempuan datang ke puncak bukit. Tidak terkecuali Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma.


Dia mengungkapkan kekagumannnya atas keindahan alam ciptaan Allah Yang Maha Kuasa.

"Ini tempatnya luar biasa, sangat kaya, sangat indah. Apalagi pengembangan menjadi objek wisata yang digagas pemuda dan masyarakat mendapat dukungan penuh wali nagari, wali jorong dan ninik mamak," ungkap Zuldafri saat meninjau sekaligus menyaksikan uji terbang paralayang, Ahad (21/6/2020)

Saat itu, dia didampingi Camat Salimpaung, Abramis Yuzi dan Ketua KONI Tanahdatar, Doni Eka Putra.

Zuldafri menyampaikan, potensi panorama Bukit Gadang yang sangat luar biasa, akan menjadi sumber pendapatan baru nagari dan daerah.

"Ini masih tahap awal, tahap uji coba dan sosialisasi pada masyarakat, kita nantinya lokasi diminati wisatawan namun tidak ingin pelestarian alam terganggu, nilai agama, adat dan budaya menjadi luntur," pesannya.

Zuldafri akui, fasilitas pendukung masih minim tetapi kurangnya fasilitas tersebut tidak mengurangi minat dan antusias masyarakat sekitar dan atlet paralayang datang.

"Ke depan, mengingat potensinya, lokasi ini akan menjadi catatan khusus untuk dikembangkan, kita berharap ini bisa diwujudkan bersama sehingga kunjungan masyarakat meningkat dan tidak tertutup kemungkinan wisatawan dan penggemar paralayang baik skala nasional maupun mancanegara akan datang," sampainya.

Sebelumnya, Wali Nagari Salimpaung, Marjohan didampingi Multa Ekris (walijorong Nan IX) mengatakan, fasilitas yang sudah dilengkapi berupa jalan cor menuju puncak Bukit Gadang yang dibangun tahun anggaran 2019 dari APBD Kabupaten dan tahun 2020 ini juga sudah dianggarkan pembenahan lokasi melalui dana nagari namun ditunda akibat wabah Covid19.

"Kami pemerintah nagari menyokong secara positifm kegiatan pemuda yang sudah menggagas Panorama Bukit Gadang sebagai objek wisata baru, mudah-mudahan menjadi perhatian pemerintah daerah, menjadikan salah satu arena olahraga paralayang di Tanahdatar apalagi Tanahdatar akan menjadi tuan rumah Porprov 2022," harapnya.

Sekretaris Panitia Panorama Bukit Gadang, Rif An didampingi Ketua Bidang Promosi, Masriwal menerangkan, pemuda bersama masyarakat bercita-cita mengembangkan pariwisata di Jorong Nan IX salah satunya panorama Bukit Gadang.

"Kita mulai merintis Panorama Bukit Gadang sejak 6 tahun lalu. Alhamdulillah secara bertahap semakin diminati dan juga mendapat perhatian pemerintah nagari dan pemerintah daerah termasuk kunjungan bapak wakil bupati hari ini," sampainya.

Ditambahkan, semenjak tahun 2019 sudah dikunjungi atlet paralayang dari beberapa daerah. Dia berharap, spot ini akan jadi lokasi primadona. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Sport lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya