IPDN Ajak Pemkab Tanahdatar Wujudkan Nagari Berbasis IT

AI Mangindo Kayo | Rabu, 24-06-2020 | 17:44 WIB | 59 klik | Kab. Tanah Datar
<p>IPDN Ajak Pemkab Tanahdatar Wujudkan Nagari Berbasis IT<p>Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, Tun Huseno dan jajaran, berdialog dengan Sekretaris Daerah Tanahdatar, Irwandi di ruang kerjanya di Kota Batusangkar, Rabu (24/6/2020). Saat itu, IPDN menawarkan Tanahdatar sebagai pilot project penerapan IT di tingkat nagari. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat, bakal gandeng Pemkab Tanahdatar dalam mewujudkan nagari berbasis Informasi dan Teknologi (IT), dalam pengelolaan pemerintahannya.

Hal itu diutarakan Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, Tun Huseno pada Sekretaris Daerah Tanahdatar, Irwandi di ruang kerjanya di Kota Batusangkar, Rabu (24/6/2020). Irwandi mengapresiasi program yang dicanangkan IPDN Kampus Sumbar itu.

"Terima kasih atas kepercayaan IPDN Kampus Sumbar, karena telah memilih Tanahdatar sebagai pilot project penerapan IT di tingkat nagari. Tentu, nantinya akan dipelajari secara teknis untuk kelanjutannya," ujar Irwandi.


Kembali ke pembahasannya, program itu melibatkan praja IPDN Sumbar Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan (TRIP) di salah satu Nagari di Tanahdatar yang akan menerapkan model pengelolaan pemerintah berbasis IT.

"Kita pilih Tanahdatar, salah satunya karena ikon Sumatera Barat. Kita punya mimpi mewujudkan Smart Nagari untuk dapat ditiru daerah lainnya. Kita berharap, Pemkab Tanahdatar menyambutnya dengan tangan terbuka," ujar Tun Huseno.

Seakan gayung bersambut, Pemkab Tanahdatar mempunyai program Smart City, melalui Diskominfo daerah dikenal Luhak Nan Tuo ini bertekad pelayananan masyarakat bisa diakses di mana dan kapan saja memanfaatkan teknologi saat ini.

"Pemkab Tanahdatar menerapkan beberapa pelayanan berbasis IT, dengan program dicanangkan pihak IPDN Sumbar, tentu bisa dikolaborasi dengan apa yang sudah terlaksana," ujar Kadis Diskominfo Tanahdatar, Abrar.

Pembicaraan awal terkait pelaksanaannya akan dilanjutkan lebih mengerucut sebelum disahkan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding(MoU) antara IPDN Kampus Sumbar dan Pemkab Tanahdatar.

Hadir saat itu Wakil Direktur III IPDN Kampus Sumbar, Decky Dwi Utomo, Kasubag Kerjasama, Anhal Mulya, Kepala Dinas PMDPPKB Tanahdatar, Nofenril dan Kabag POD Setda Tanahdatar, Herison.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya