Diluncurkan Kapolda Sumbar

Warga Komplek Puri Berlindo Kenalkan Nagari Tageh, Ini Konsepnya

AI Mangindo Kayo | Kamis, 25-06-2020 | 21:56 WIB | 202 klik | Kota Padang
<p>Warga Komplek Puri Berlindo Kenalkan Nagari Tageh, Ini Konsepnya<p>Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan dan rombongan lainnya, saat mengunjungi Nagari Tageh Rumah Gadang di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, kecamatan Padang Timur, Padang, Kamis (25/06/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Nagari Tageh Rumah Gadang, merupakan Pilot Project penerapan pola hidup normal baru. Dimana, konsepnya adalah untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid19) di Kota Padang.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar), Irjen Pol Toni Harmanto mengungkapkan, pembentukan Nagari Tageh Rumah Gadang sama halnya dengan "Kampung Tangguh Nusantara" sesuai instruksi Presiden RI, yang terus dijabarkan Kapolri, seluruh jajaran Kepolisian bersama-sama dengan TNI dan Forkopimda.

Hal tersebut dia sampaikan, saat bersama Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meluncurkan Nagari Tageh Rumah Gadang yang berada di Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas RT 004 RW 015 di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, Padang, Kamis (25/6/2020).


"Keberadaan NagarI Tageh Rumah Gadang prinsipnya adalah menjawab isu yang terkait dengan Covid19, meliputi aspek keamanan, medis, sosial dan aspek lainnya," ujar Irjen Toni.

Nagari Tageh Rumah Gadang Kubu Dalam, menurut dia, sudah memenuhi semua aspek yang dibutuhkan atau yang dikenal dengan empat tangguh.

Empat tangguh yang dimaksud adalah Tangguh Informasi. Ini sudah dilaksanakan masyarakat dengan membentuk Posko Kongsi Solid.

Untuk Tangguh Kesehatan, Keberadaan Kongsi Covid dan tersedianya rumah yang dijadikan tempat isolasi mandiri untuk warga yang positif Covid19. Bahkan juga terdapat dapur umum yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, guna menyuplai kebutuhan makanan pasien isolasi.

Selanjutnya Posko Kongsi Tertib yang berfungsi menjaga keamanan wilayah dengan sistem Siskamling. Selain itu, setiap orang yang keluar masuk komplek diwajibkan memakai masker, cuci tangan ditempat yangvtelah disediakan serta menjalani pengukuran suhu tubuh.

Dari sektor ekonomi, juga dibentuk Posko Kongsi Bangkit, yang fungsinya membina UMKM yang ada disekitar wilayah tersebut.

Setelah mengunjungi posko-posko tersebut, Irjen Toni mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan dalam menjalani pola hidup normal baru di masa pandemi Covid19. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya