TMMD Tanahdatar 2020 Dipusatkan di Nagari Panyalaian

AI Mangindo Kayo | Selasa, 30-06-2020 | 21:29 WIB | 164 klik | Kab. Tanah Datar
<p>TMMD Tanahdatar 2020 Dipusatkan di Nagari Panyalaian<p>Kasrem 032/Wbr, Kol Inf Amrizen didampingi Zuldafri Darma (Wabup Tanahdatar), Syafrizal (Kadis PMD Sumbar) dan lainnya, memukul gong tanda dimulainya kegiatan TMMD ke-108 Wilayah Kodim 0307 Tanahdatar Tahun 2020, Selasa (30/6/2020) di Gazebo Indojolito Batusangkar. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dirasakan mempunyai banyak manfaat bagi daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan ini, seperti merangsang dan meningkatkan semangat Gotong Royong (Goro) masyarakat dalam wadah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tanahdatar, H Zuldafri Darma saat pembukaan pelaksanaan TMMD ke-108 Wilayah Kodim 0307 Tanahdatar Tahun 2020, Selasa (30/6/2020) di Gazebo Indojolito Batusangkar.

"TMMD atau TMMN (Nagari). dapat membantu mempercepat pembangunan dengan penekanan prioritas pembangunan di bidang infrastruktur, sarana dan prasarana dasar lainnya dengan meningkatkan semangat gotong royong masyarakat," kata dia.


Hadir saat itu, Kasrem 032/Wbr, Kol Inf Amrizen, Dandim 0307 Tanahdatar, Letkol Inf Edi S Harahap, Kadis PMD Sumbar, Syafrizal, Ketua DPRD Tanahdatar, H Rony Muyadi Dt Bungsu, Forkopimda, Sekda Irwandi, Kepala OPD se-Tanahdatar, Ketua GOW, Retri Zuldafri, Ketua Persit, Sri Bulan Hasibuan, Wakil Ketua II TP PKK, Rina Irwandi, Ketua Bhayangkari, Ketua Bundo Kanduang dan undangan lainnya.

Dengan program ini, tambah Zuldafri, yang merupakan program lintas sektoral melibatkan, TNI dalam bentuk kemanunggalan bersama seluruh komponen bangsa dan lapisan masyarakat.

"Sesuai tema yakni TMMD Pengabdian Untuk Negeri tentu diharapkan kegiatan ini memberi dampak nyata peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kepada masyarakat nantinya senantiasa memelihara apa yang telah dibangun bersama TNI dan unsur lainnya," tukas Zuldafri Darma.

Sementara itu, Edi S Harahap menyampaikan, TMMD bertujuan di samping memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, juga untuk turut membantu Pemkab Tanahdatar, dalam rangka menyejahterakan masyarakatnya.

"TMMD yang dilaksanakan di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto ini mempunyai berbagai sasaran, seperti pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan sepanjang 2.800 meter dengan lebar 6 meter. Penyuluhan tentang Covid-19, sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyuluhan hukum dan narkoba, pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan sampai ke penyuluhan pertanian dan perikanan," terang dia.

Sedangkan untuk jadwal kegiatan, tambahnya, pra TMMD sudah dilaksanakan dari 7 sampai 29 Juni 2020 dan untuk pelaksanaannya dimulai 30 Juni sampai 29 Juli 2020. "Dalam TMMD ini melibatkan 150 orang personil satgas, 25 orang penyuluh dari OPD dan 50 orang masyarakat per hari," tukasnya.

Selepas itu, Kadis PMD Sumbar, Syafrizal menyampaikan, kegiatan TMMD dirasakan memang memberikan manfaat dan dampak nyata bagi masyarakat. "Berbagai kegiatan dilaksanakan selama TMMD intinya adalah membantu dan meringankan beban masyarakat terkhusus di lokasi TNI melaksanakan program ini. Tentu hal ini sangat baik dan bagus sekali karena juga memberikan manfaat peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Di kesempatan lainnya, Wali Nagari Panyalaian, Roni Dt Panduko Sirajo menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pemkab dan TNI yang telah menjadikan daerahnya sebagai tujuan pelaksanaan program TMMD.

"Dari rencana pelaksanaan TMMD yang akan membuka jalan masyarakat sepanjang 2,8 km dengan lebar 6 meter, tentu menjadi sesuatu hal yang sangat berharga bagi kami, terutama sekali untuk biaya produksi hasil tani atau kebun masyarakat semakin ringan. Biasanya biaya pikul Rp15 ribu, sekarang hanya Rp5 ribu sudah sampai ke pasar," pungkas Roni.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya