Brand Tanahdatar Authentic Minangkabau jadi Nominator API 2020

AI Mangindo Kayo | Senin, 03-08-2020 | 20:17 WIB | 479 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Brand Tanahdatar Authentic Minangkabau jadi Nominator API 2020<p>Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Abdul Hakim. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Tanahdatar Authentic Minangkabau, dijadikan brand atau identitas pariwisata Kabupaten Tanahdatar agar lebih dikenal masyarakat dan wisatawan dalam ataupun luar negeri.

Brand ini, kemudian mendapat apresiasi sehingga jadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori Branding Pariwisata Terpopuler 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Abdul Hakim menyebutkan, API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Majalah Ayo Jalan Jalan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.


"API merupakan langkah upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia serta untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri swasta maupun pemerintah," kata Abdul Hakim dalam siaran pers yang diterima, Senin (3/8/2020).

Dikatakan Abdul Hakim, pemenang lomba ini ditentukan dengan sistem pemungutan suara (voting). Untuk mendukung Branding Tanahdatar Authentic Minangkabau, terang dia, dengan cara ketik API (spasi) 4A kirim SMS ke nomor 99386. Bisa juga dengan mengunjungi channel APIaward di youtube.com atau akun Instagram @apiaward.

"Pilih gambar nominasi dan klik tombol like. Voting dimulai 1 Agustus hingga 31 Desember 2020," ungkapnya.

"Kami harapkan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Tanahdatar yang berada di kampung halaman maupun perantauan, agar Branding Pariwisata Tanahdatar Authentic Minangkabau terpilih sebagai Branding Pariwisata Terpopuler," harap Abdul Hakim.

Abdul Hakim mengungkapkan, dari Sumatera Barat, ada 6 item yang masuk nominasi API 2020 yaitu Ampiang Dadiah kategori makanan tradisonal dari Kota Bukittinggi, Authentic Minangkabau kategori Brand Pariwisata dari Tanahdatar.

Kemudian, Tenun Silungkang kategori destinasi belanja dari Sawahlunto, Panjat Tebing Silokek kategori olahraga petualang dari Kabupaten Sijunjung, Kampung Sarugo kategori destinasi kampung adat dari Kabupaten Limapuluh Kota, Janjang Saribu kategori destinasi wisata unik dari Bukittinggi.

Sementara, pesaing Tanahdatar di kategori brand pariwisata yakni City of Music Kota Ambon Maluku, Explore Jambi, Kaltim Paradise of The East, Riau the Homeland of Melayu, Bali The Island of Gods, Sleman the Living Culture, Lampung the Treasure of Sumatera, WonderRiau Islands dari Kepri dan WakatobiWorld Marine Heritage.

Sementara, Kabid Pariwisata, Efrison menambahkan, API yang rutin dilaksanakan sejak 2016, telah menjadi ajang apresiasi bergengsi dan terbesar di Indonesia. Luhak Nan Tuo ini dalam Anugerah API, telah mampu mengukir prestasi.

Di antaranya, tahun 2018 Pacu Jawi sebagai Atraksi Budaya Terpopuler kedua, tahun 2019 Kawa Daun Minuman Tradisional terpopuler kedua, Pasar Van der Capellen sebagai Destinasi Digital terpopuler ketiga. "Semoga tradisi juara API ini bisa terus dipertahankan," harapnya.

Untuk arti dan makna tagline Authentic Minangkabau, Efrison mengungkapkan, yaitu menggambarkan bahwa Tanahdatar merupakan asal muasal orang Minagkabau. Negeri tertua yang merupakan asal orang Minangkabau terdapat di Tanahdatar tepatnya di Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan.

Bentuk logo mengambil atap Istano Basa Pagaruyung yang merupakan kebanggaan Masyarakat Minangkabau yang berdiri dengan megah. Bangunan ini menjadi saksi bahwa Tanahdatar merupakan pusat sejarah dan budaya Minangkabau.

Setiap warna yang ditampilkan juga mempunyai arti dan makna tersendiri, seperti warna oranye melambangkan kekayaan budaya serta warisan sejarah, Hijau melambangkan keindahan alam yang mempesona.

Magenta melambangkan jiwa, pertualangan dan keunikan kegiatan olahraga, warna ungu melambangkan cita rasa panca indra seperti makanan, minuman dan juga hiburan serta warna biru melambangkan pembangunan fisik yang modern/kekinian dengan adanya pusat pertokoan, teknologi dan juga transportasi.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya