Darul Siska Tinjau Pelayanan Puskesmas, Program Germas dan Penanganan Covid19 di Tanahdatar

AI Mangindo Kayo | Senin, 10-08-2020 | 21:01 WIB | 107 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Darul Siska Tinjau Pelayanan Puskesmas, Program Germas dan Penanganan Covid19 di Tanahdatar<p>Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska menyerahkan secar simbolis sejumlah bantuan saat melakukan kunjungan kerja perorangan ke beberapa Puskesmas di Kabupaten Tanahdatar, Senin (10/8/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska menegaskan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bersifat preventif promotif. Sehingga, sangat penting berjalan dengan baik di masyarakat. Bila berjalan baik, maka kualitas hidup masyarakat akan meningkat.

"Program Germas ini tidak hanya tugas Dinas Kesehatan atau Puskesmas saja, tetapi jadi tanggung jawab bersama," ungkap Darul Siska saat melakukan kunjungan kerja perorangan ke beberapa Puskesmas di Kabupaten Tanahdatar, Senin (10/8/2020).

Darul Siska melakukan kunjungan ke Puskesmas Batipuh I, Tanjung Emas dan Padang Ganting, dalam rangka melaksanakan tugas pengawasan sekaligus menyerap aspirasi pemerintah daerah dan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan dan ketenagakerjaan.


Pada kunjungan tersebut, di masing-masing Puskesmas juga diserahkan secara simbolis bantuan makanan pengganti ASI dan makanan tambahan ibu hamil.

Kehadiran Anggota Fraksi Partai Golkar DPR itu, disambut Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, Nuryeddismen, dr Yesrita Zedrianis (Kadis Kesehatan), Zarratul Khairi (Kadis PMPTSP Naker), H Afrizon (Kepala Bagian Kesra), camat, Forkompinca dan para kepala Puskesmas.

Pada sambutannya, Darul Siska menyampaikan, sesuai tugas kewenangan legislatif, turun reses ke daerah untuk melakukan pengawasan sekaligus menerima aspirasi dan masukan stakeholder, untuk disampaikan saat rapat dengan mitra Komisi IX yaitu Kementrian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja dan BPOM RI.

"Fokus kunjungan kami untuk melihat aktifitas pelayanan Puskesmas, pelaksanaan Program Germas dan penanganan Covid19," ungkap dia yang didampingi Anggota DPRD Tanahdatar, Dedi Irawan.

Dikesempatan itu, Darul Siska juga melakukan kunjungan ke Pesantren Thawalib Tanjung Limau Pariangan, terkait rencana pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK). Dia disambut Pimpinan Pesantren Thawalib Tanjung Limau, Dr Fauzi beserta majelis guru, ketua alumni dan orang tua siswa.

Bangun BLK

Sementara itu, Nuryeddismen sampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan ke Tanahdatar khususnya ke beberapa puskesmas dan kunjungan ke pondok pesantren Thawalib Tanjung Limau Pariangan.

"Terimakasih atas kehadiran dan kepedulian Anggota Komisi IX DPR RI dari Dapil I Sumbar Darul Siska untuk mengecek langsung ke Puskesmas dan memberikan bantuan makanan pengganti ASI dan makanan tambahan ibu hamil," terangnya.

"Kita juga berterimakasih telah bersedia meninjau lokasi yang direncanakan akan diusulkan dibangun BLK (Balai Latihan Kerja) di kawasan Ponpes Thawalib Tanjung Limau Pariangan. Jika ini terwujud, turut membantu pemerintah daerah mewujudkan generasi muda yang terampil yang punya skill selain ilmu agama," urai Nuryeddismen.

Pada kesempatan tersebut, dr Yesrita Zedrianis melaporkan penanganan Covid19 di Tanahdatar setelah empat hari lalu dinyatakan sudah tidak ada lagi kasus positif, akan tetapi sampai Senin (10/8/2020) kembali dinyatakan 9 orang positif Covid19 dari wilayah kecamatan Lima Kaum.

Dikatakan Yesrita, khusus untuk penangan kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas di Tanahdatar sudah memilikiberbagai pelayanan dan inovasi telah dilakukan di antaranya Kelambu Catin (Kegiatan Pelayanan Bersama dan Terpadu Calon Pengantin), Dendeng Rabu (Dengan Bergandeng Berantas TB Paru), Paman Jenaka (Pemantan Makan Jajanan Sehat Anak Sekolah), Cerah Wajahku (Cek Tekanan Darah Wajib Olahraga, Isi Piringku) dan Kotak Raso HatiAmbo(Konsultasi Apa Yang Dikeluhkan Pasien).

"Inovasi yang telah kami lakukan ini sudah bekerjasama dengan pemerintahan jorong (Posyandu), pemerintah nagari, kecamatan dan juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, panti asuhan dan lembaga permasyarakatan," kata Yesrita.

Di kesempatan itu, dr Yesrita juga mengajukan usulan bantuan mobil keliling Promosi Kesehatan (Promkes) dan dukungan pembangunan rumah sakit pratama di Tanahdatar.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya