11 Tahun Berkarya di Platform Digital

Tokopedia Ingin Dudukkan Buatan Indonesia di Kursi Juara

AI Mangindo Kayo | Senin, 17-08-2020 | 15:49 WIB | 137 klik | Nasional
<p>Tokopedia Ingin Dudukkan Buatan Indonesia di Kursi Juara<p>Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memberikan semangat bagi masyarakat untuk tetap optimistis di tengah pandemi melalui talk show 'Leaders are Human Too' yang diselenggarakan melalui kanal streaming video Tokopedia Play, Senin (17/8/2020). (istimewa)

VALORAnews - Bertepatan dengan HUT ke-75 RI, Tokopedia memasuki usia ke-11. Perusahaan teknologi buatan Indonesia ini, sekarang terdiri dari lebih dari 8,6 juta penjual yang 94%-nya berskala ultra mikro. Selain itu, dikunjungi lebih dari 90 juta masyarakat per bulan dan menjangkau 98% kecamatan di Indonesia.

Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, "Merayakan usia baru, khususnya di tengah pandemi seperti ini, tentu harus disertai dengan semangat baru untuk terus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Selama 11 tahun, Tokopedia melihat dengan dekat bagaimana keberanian, kegigihan dan harapan para pegiat usaha di Indonesia dalam berkontribusi signifikan terhadap perekonomian."

"Karena mereka, lebih dari 1% perekonomian Indonesia telah terjadi di atas Tokopedia. Kami sangat bersyukur karena walau pandemi memukul keras, seluruh mitra strategis Tokopedia, baik penjual, pembeli, pemerintah dan mitra strategis lainnya, berkolaborasi lebih gencar dalam membantu para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, bertahan sekaligus berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi," lanjut William.


Sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra strategis yang berperan dalam 11 tahun berkarya untuk Indonesia, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Play Fest lewat kanal video streaming Tokopedia Play. Festival virtual ini terdiri dari sejumlah talk show bersama pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Mulai dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, pakar teknologi, sederet pegiat usaha lokal dan lainnya.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, memberikan semangat bagi masyarakat untuk tetap optimistis di tengah pandemi melalui talk show 'Leaders are Human Too.'

"Situasi yang kita hadapi saat ini bukan situasi yang mudah, namun kita tidak boleh menyerah dan harus tetap optimis. Jangan pernah kendorkan optimisme dan persatuan kita sebagai bangsa. Mari bersama-sama menyebarkan energi positif dalam semangat gotong royong. Generasi muda pasti bisa," ungkap Retno.

Di sisi lain, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengatakan, "Dalam menghadapi kondisi pandemi, langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah tentu yang pertama di bidang kesehatan, kemudian turut melakukan bantuan sosial sekaligus memberikan banyak sekali dukungan bagi para pelaku usaha lokal di Indonesia agar mereka dapat terus bertahan dan tetap berkarya. Hal ini merupakan langkah penting yang harus terus kita upayakan demi membangkitkan sisi ekonomi sosial Indonesia dengan tetap semangat."

Selain talk show bersama dua menteri, Tokopedia menghadirkan 'Semangat Baru Talk Show' dimana para pegiat UMKM berbagi kisah inspiratif menghadapi pandemi dengan teknologi. Melalui talk show ini, Tokopedia berharap semakin banyak pegiat usaha lokal yang tergerak memanfaatkan teknologi demi mempertahankan bisnis dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi, sekaligus mendorong kebanggaan masyarakat akan produk buatan Indonesia.

Selanjutnya, ada START Summit Extension bertema 'Shift in Indonesia's Technology Landscape', menghadirkan pakar teknologi Tokopedia yang berbagi cerita perkembangan inovasi Tokopedia sepanjang 11 tahun.

Sebagai penutup, Tokopedia Play Fest, masyarakat bisa menyaksikan talk show dengan narasumber sejumlah pemimpin di Tokopedia dan dilanjutkan dengan konser amal yang menampilkan penyanyi papan atas, seperti Bunga Citra Lestari, Ari Lasso dan Andmesh Kamaleng.

"Melalui Tokopedia Play Fest, Tokopedia berharap bisa menginspirasi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia bahwa salah satu kunci menghadapi pandemi adalah berinovasi dan berkolaborasi. Mari rayakan kemerdekaan dengan semangat baru dan terus bersatu lawan pandemi. Bersama-sama kita #JagaEkonomiIndonesia dengan mendudukkan buatan Indonesia di kursi juara," tutup William.

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah SuperEcosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Nasional lainnya