Dosen UNP Kenalkan Pasar Modal Syariah ke Guru Ekonomi se-Pariaman

AI Mangindo Kayo | Rabu, 23-09-2020 | 23:24 WIB | 189 klik | Kota Padang
<p>Dosen UNP Kenalkan Pasar Modal Syariah ke Guru Ekonomi se-Pariaman<p>Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Early Saputra bersama Tim PKM Fakultas Ekonomi UNP, foto bersama dengan peserta sosialisasi pasar modal syariah pada guru bidang studi ekonomi SMA/SMK di Kota Pariaman, Selasa (22/9/2020). (istimewa)

VALORAnews - Pasar Modal Syariah secara prinsip tidak memiliki perbedaan mendasar dengan pasar modal konvensional. Namun, karakteristik khusus Pasar Modal Syariah yaitu bahwa produk dan mekanisme transaksi, tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi UNP, Erly Mulyani di SMAN 1 Kota Pariaman, Selasa (22/9/2020). Bersama Erly, juga hadir anggota tim, Henri Agustin dan Salma Taqwa. Juga ikut berpartisipasi, dua orang mahasiswa jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi UNP.

"Tujuan PKM ini salah satunya untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap pasar modal. Karena, masih banyak masyarakat yang masih tidak mengenal dan ragu berinvestasi di pasar modal," ungkap Erly dalam kegiatan yang menghadirkan Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi pada SMA/SMK se-Kota Pariaman.


Menurut Erly, keraguan masyarakat itu tak lepas dari persoalan kehalalan berinvestasi di Pasar Modal. "Makanya, kita mengedukasi masyarakat terutama guru mata pelajaran ekonomi tentang pasar modal syariah," ungkapnya.

Ditambahkan Henri Agustin, setelah terlaksananya PKM ini, para guru ekonomi di Pariaman, memiliki pemahaman yang lebih utuh tentang pasar modal syariah. "Kita juga mengharapkan, setelah sosialsiasi ini para guru juga mampu melakukan transaksi di pasar modal syariah," harapnya.

Sementara, Salma Taqwa menjelaskan, kehadiran dua orang mahasiswa di kegiatan PKM ini, membantu kegiatan operasional pengabdian sekaligus memberikan pengalaman dalam berinteraksi dengan masyarakat.

PKM ini juga menghadirkan narasumber, Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Early Saputra. Sedangkan kegiatan ini sendiri dibuka Kepala SMAN 1 Pariaman, Elfi Junaida. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya