Bantuan Covid19 untuk Tanahdatar Dikirim Pakai Helikopter

AI Mangindo Kayo | Selasa, 29-09-2020 | 15:17 WIB | 144 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Bantuan Covid19 untuk Tanahdatar Dikirim Pakai Helikopter<p>BPBD Sumbar serahkan bantuan APD untuk Pemkab Tanahdatar menggunakan Helikopter BNPB tipe N303AJ di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak, Selasa (29/9/2020). Bantuan ini diterima Pjs Bupati Tanahdatar, Erman Rahman didampingi Forkompinda dan Kepala OPD terkait. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Upaya pemutusan mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid19), Pemprov melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD).

Penyerahan bantuan APD itu disalurkan langsung BPBD Sumbar di Tanahdatar menggunakan Helikopter BNPB tipe N303AJ di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak. Bantuan ini disambut Pjs Bupati Tanahdatar, Erman Rahman didampingi Forkompinda dan Kepala OPD terkait, Selasa (29/9/2020).

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, bantuan ini dilakukan mengingat peningkatan kasus Covid19 di Provinsi Sumatera Barat. Maka melalui itu pihaknya memberikan bantuan APD kepada beberapa kabupaten dan kota di Sumbar sesuai kebutuhan.


"Ini kita berikan mengingat persedian atau kebutuhan APD di kabupaten kota sangat tinggi, karena kasus di beberapa kabupaten/kota masih meningkat," ungkapnya.

Dirincikan Rumainur, untuk Tanahdatar diserahkan antara lain, APD/Hazmat 4.000 buah, face shield 300 buah, kaca mata google 200 buah, baju gown 10 karung, handscoon sensi 24 dus, handscoon sensi panjang 10 dus, Hand Sanitaizer Spray 5 dus, Hand Second Panjang 5 dus dan Sepatu Boat 2 Dus. Lalu, Hand Scoond/Hand Seal 20 buah, Hand Glove 12 buah dan Masker N95 Tenaga Medis 3.000 lembar.

""Kita perkirakan, seluruh bantuan APD akan cukup sampai Desember 2020 esok," ucap Erman Rahman yang juga Kepala BPBD Provinsi Sumbar.

Erman Rahman sampaikan, bantuan yang diberikan ini nantinya akan diperuntukan bagi tenaga medis di Kabupaten Tanahdatar. Hal ini dikarenakan, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid 19.

Erman tidak ingin, tenaga medis terpapar Covid19 karena ketiadaan APD yang lengkap. Untuk itu, diperlukan APD yang berkualitas premium dalam penanganan Covid19.

Untuk diketahui, beberapa waktu belakang ini, angka penyebaran Covid19 di Tanahdatar terus bertambah dan juga ada yang sembuh. Untuk itu, tenaga medis perlu pengamanan diri yang ekstra agar tidak tertular.

"Bantuan dengan kualitas premium ini, akan kita distribusikan ke puskesmas dan rumah sakit," kata Erman.

Erman tambahkan, selain diperuntukan bagi tenaga medis, bantuan non medis juga disediakan. Di mana bantuan non medis nantinya akan diperuntukan bagi petugas yang berjaga, baik ditempat isolasi, karantina perbatasan hingga kecamatan.

"Kami ucapkan terima kasih pada BPBD Sumbar, atas dukungan penyediaan APD. Insyaa allah Pemkab akan fokus penanganan Covid19," kata Erman.

Kepada masyarakat, Erman juga mengingatkan, untuk selalu melakukan aktifitas dengan memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya