Pertama di Indonesia

Angkasa Pura II Pelopori Social Media Command Center Sektor Penerbangan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 01-10-2020 | 18:49 WIB | 207 klik | Nasional
<p>Angkasa Pura II Pelopori Social Media Command Center Sektor Penerbangan<p>Social Media Command Center (SMCC) milik PT Angkasa Pura II (Persero) menempati Gedung 628 di kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Gedung ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan bagi traveler di 19 bandara yang dikelola perseroan. (istimewa)

VALORAnews - PT Angkasa Pura II (Persero) membangun Social Media Command Center (SMCC) di Gedung 628 yang terletak di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, sebagai upaya meningkatkan pelayanan bagi traveler di 19 bandara.

"SMCC merupakan pos terintegrasi yang dilengkapi dengan perangkat guna memantau dan menganalisa topik yang sedang hangat diperbincangkan di media mainstream dan media sosial, khususnya terkait dengan Angkasa Pura II Grup dan 19 bandara yang dikelola perseroan," ungkap President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers yang diterima, Rabu (1/10/2020).

Hasil analisa, terang dia, kemudian dapat digunakan untuk memproduksi konten informasi yang menarik untuk disampaikan ke masyarakat/traveler melalui media mainstream dan media sosial. Di samping itu, hasil analisa juga dapat digunakan untuk meningkatkan standar pelayanan di bandara-bandara.


"SMCC ini membuat PT Angkasa Pura II dapat menyajikan informasi yang menarik, tepat dengan cepat selain juga merespons pertanyaan dari masyarakat/traveler. PT Angkasa Pura II sekaligus dapat menganalisa informasi apa yang dibutuhkan masyarakat untuk kemudian ditindaklanjuti dan disajikan melalui media mainstream dan media sosial," terangnya.

"Di era digital ini, arus informasi sangat deras dan PT Angkasa Pura II harus jadi sumber informasi yang kredibel dan responsif khususnya terkait dengan operasional penerbangan di 19 bandara," tambah dia.

Dikatakan, SMCC mulai beroperasi penuh per 1 Oktober 2020. Salah satu fokusnya adalah menghilangkan kebingungan traveler, mengenai prosedur atau peraturan di tengah pandemi ini, selain juga mendorong rasa nyaman dan aman traveler melalui berbagai informasi. Misalnya mengenai strategi PT Angkasa Pura II guna mencegah Covid19 di bandara.

Mengoptimalkan Komunikasi

Melalui SMCC ini, PT Angkasa Pura II terus berupaya menjaga pelayanan di 19 bandara baik pada fase Pre-journey, On-journey maupun Post-journey.

SMCC juga sangat berperan dalam meningkatkan keterikatan antara PT Angkasa Pura II dengan masyarakat melalui komunikasi dua arah.

"Media sosial maupun media mainstream, merupakan salah satu sarana voice of customer. Melalui SMCC ini, kami akan cepat mengetahui secara live, apa yang tengah dibutuhkan oleh pelanggan atau traveler, untuk kemudian dapat dilakukan respons tepat termasuk misalnya tindaklanjut di lapangan," ungkap Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II, saat ini dapat dijangkau masyarakat melalui akun twitter @contactAP2, facebook Angkasa Pura II, Instagram angkasapura2, email di contact.center@angkasapura2.co.id serta tatap muka customer service online yang dapat diakses melalui situs angkasapura2.co.id dan mobile app INAirport.

Selain media-media tersebut, seluruh bandara PT Angkasa Pura II juga memiliki akun media sosial masing-masing.

"PT Angkasa Pura II memandang bahwa media mainstream dan media sosial merupakan saluran yang tepat dalam menyalurkan informasi pada masyarakat dan SMCC ada untuk mengoptimalkan upaya perseroan berkomunikasi dengan masyarakat melalui kedua media tersebut," ujar Muhammad Awaluddin. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Nasional lainnya