Pasar Kuliner Padangpanjang Terus Menggeliat

AI Mangindo Kayo | Kamis, 29-10-2020 | 12:49 WIB | 138 klik | Kota Padang Panjang
<p>Pasar Kuliner Padangpanjang Terus Menggeliat<p>Salah satu rumah makan yang diminati warga di Pasar Kuliner Padangpanjang.

VALORAnews - Pemko Padangpanjang terus berkomitmen dalam melakukan pengembangan UMKM termasuk bidang usaha makanan. Terbukti, di tengah penangangan wabah Covid19, pemerintah terus berusaha untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi di kota Serambi Mekkah itu.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Padangpanjang, Arpan, Kamis (29/10/2020), mengatakan, pemerintah Kota Padangpanjang telah melakukan berbagai program pelatihan dan pembinaan bagi UMKM.

Selain itu, juga dilakukannya penyaluran modal melalui UPTD Dana Bergulir, pemberian bantuan usaha, pengecekan timbangan secara rutin.


"Intinya, berbagai program lain terus digulirkan pemko sehingga UMKM mampu berkembang dan menjadi mesin penggerak perekonomian," katanya.

Hadirnya pasar kuliner secara terpusat juga menjadi hal yang terus mendorong tumbuhnya usaha makanan. Dengan harga yang relatif terjangkau, lokasi yang strategis, dan citarasa yang menggugah selera, pasar kuliner merupakan pilihan yang tepat bagi para pecinta kuliner.

Berbagai kreasi mulai dari makanan khas daerah, masakan nusantara, hingga luar negeri pun hadir di pasar ini untuk memanjakan lidah pengunjung baik dalam maupun luar kota.

"Pemerintah Kota Padangpanjang juga terus meningkatkan kualitas jaringan internet. Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan transaksi digital oleh masyarakat dan pedagang."

"Para pebisnis makanan tentunya akan sangat terbantu dengan pemesanan secara daring mengingat terbatasnya aktivitas saat tatanan era normal baru," katanya.

"Dengan terlaksananya berbagai program pemerintah yang saling bersinergi, Insya Allah UMKM terutama bidang usaha makanan yang terdapat di Kota Padang Panjang akan terus tumbuh pada masa pandemi ini," ungkapnya.

Dikutip dari laman www.umkm.padangpanjang.go.id, terlihat bahwa terdapat 992 usaha kuliner, 290 makanan ringan, dan 201 makanan basah berbasis UMKM di kota kecil ini.

Dengan demikian, sebagai kota kecil yang memiliki hawa sejuk bahkan cenderung dingin, berbisnis makanan merupakan pilihan yang sangat menarik di Kota Padangpanjang.

Setidaknya ini terlihat dari tingginya minat masyarakat dalam aktivitas jual beli makanan. Didukung dengan kondisi cuaca yang dingin dan sering hujan, makanan merupakan pilihan bisnis yang berpotensi untuk dikembangkan. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kota Padang Panjang lainnya