Gubernur Letakan Batu Pertama Lokasi Parkir Masjid Subulussalam Nagari Pangian

AI Mangindo Kayo | Rabu, 28-10-2020 | 20:37 WIB | 84 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Gubernur Letakan Batu Pertama Lokasi Parkir Masjid Subulussalam Nagari Pangian<p>Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno didampingi Erman Rahman (Pjs Bupati Tanahdatar), Yusrizal (Kabag Humas dan Protokol), Rabu (28/10/2020) melakukan peletakan batu pertama pembangunan lokasi parkir Masjid Subulussalam di Jorong Patameh, Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno didampingi Erman Rahman (Pjs Bupati Tanahdatar), Yusrizal (Kabag Humas dan Protokol), Rabu (28/10/2020) melakukan peletakan batu pertama pembangunan lokasi parkir Masjid Subulussalam di Jorong Patameh, Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo.

Pada kesempatan itu, hadir juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jefri Masrul, Camat Lintau Buo Agusril, Wali Nagari Pangian Abdul Wazid serta Mahyeldi dan para tokoh masyarakat setempat.

Diketahui, Rencana Anggaran Belanja (RAB) untuk pembangunan lahan parkir masjid Subulussalam Jorong Patameh, akan menghabiskan biaya sebesar Rp1,858 miliar.


Pengurus Masjid Subussalam, Gazali Karani yang juga sebagai panitia pembangunan, dalam laporan mengatakan, sejak dibangun pada 1966, masjid tersebut telah beberapa kali dilakukan renovasi. Semula masjid ini hanya berukuran 8x7 meter. Pada 1987, oleh masyarakat setempat melakukan renovasi hingga dilanjutkan sampai ke lantai dua.

"Hanya saja dalam perkembangannya, kita mengalami kendala dengan tidak adanya lokasi parkir untuk para jamaah maupun orang yang sekadar singgah untuk menjalankan ibadah di masjid ini. Selain itu masjid ini letaknya juga didekat Pasar Jumat, sehingga memang sangat membutuhkan lahan parkir yang memadai. Oleh karena itu, setelah kami membahas hal ini disepakati untuk membuat area parkir yang dibangun di atas telaga," sebut Gazali.

Gazali juga mengungkapkan, area parkir yang akan dibangun ini terpaksa di buat di area telaga, sebab sekeliling masjid sudah tidak ada lagi lahan yang bisa dimanfaatkan sudah sempit, sehingga biaya yang kami butuhkan melonjak jadi Rp1.8 miliar lebih.

"Kami berharap, agar pembangunan area parkir ini juga mendapatkan dukungan dan sekaligus bantuan dari Pemda Tanahdatar maupun Pemprov Sumbar, sehingga apa yang kami kerjakan berjalan dengan baik dan lancar," harapnya.

"Karena, manfaatnya akan sangat besar terutama bagi jamaah, jika selama ini kendaraan para jamaah yang datang diparkir di pinggir jalan, kedepan tentu bisa di parkirkan di tempat parkir yang akan kita bangun ini," harap Gazali.

Pada kesempatan itu, Erman Rahman mengapresiasi niat pengurus dan masyarakat Patameh khususnya untuk membangun area parkir tersebut.

"Bagaimanapun juga, dengan niat baik kita bersama, Insyaa Allah pembangunan area parkiran di masjid yang kita cintai ini dapat dibangun dengan lancar," ujarnya.

Erman yang juga Kepala BPBD Sumatera Barat tidak lupa mengajak dan mengingatkan para jamaah dan masyarakat untuk tetap waspada dengan penyebaran Covid19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kita tidak melarang untuk berkegiatan, apapun bentuk kegiatan seperti bekerja ke kantor, sawah, pasar, ladang, silahkan. Hanya saja, demi keselamatan kita bersama, mari selalu melaksanakan protokol kesehatan, apalagi sekarang sudah ada sanksi bagi yang melanggar," imbaunya.

Erman juga mengajak masyarakat pada umumnya, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M. "Saat ini kita sudah sama-sama tahu jika kondisi sudah serba susah, oleh karena itu jangan sampai kita lebih susah lagi karena terkena sanksi akibat ulah kita sendiri yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Makanya mari sama-sama saling menjaga demi kita semua," ajaknya.

Patuhi Protokol Kesehatan

Hal senada diungkapkan Irwan Prayitno, dimana dalam kondisi pandemi saat ini semua kegiatan tidak ada larangan dengan syarat menjalankan protokol kesehatan.

"Termasuk di masjid itu sendiri, kita harus tetap memakai masker, jaga kebersihan demi kesehatan bersama," ucapnya.

Terkait pembangunan area parkir masjid, dengan ciri khas menyelingi sambutan dengan pantun, Irwan Prayitno optimistis, jika pengerjaan area parkiran akan dapat diselesaikan.

"Melihat semangat pengurus dan antusias warga dan bila dikerjakan secara bersama-sama, pengerjaan ini tidak akan berat. Kami dari Pemrov juga siap membantu demi kelancaran pembangunan," tukas Irwan Prayitno.

Dalam kesempatan itu, Irwan juga menandatangani prasasti pembangunan area parkir sekaligus meresmikan dengan melakukan peletakan batu pertama pembangunan area parkir Masjid Subulussalam, disusul Erman Rahman, Jefri Masrul, wali Pangian dan lainnya. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya